TRIBUNWIKI

Mengulik Pasar Beruang Medan yang Terkenal dengan Makanan Tradisionalnya

Pajak Beruang merupakan pasar tradisional yang terkenal dengan kuliner tradisonal paginya.

Mengulik Pasar Beruang Medan yang Terkenal dengan Makanan Tradisionalnya
TRIBUN MEDAN/AQMARUL AKHYAR
Pasar Beruang atau sering disebut masyarakat Medan pajak Beruang. Pajak Beruang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 109, Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pasar Beruang atau sering disebut masyarakat Medan pajak Beruang. Pajak Beruang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 109, Kelurahan Pandau Hulu I, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, hari Selasa (30/7/2019).

Pajak Beruang merupakan pasar tradisional yang terkenal dengan kuliner tradisonal paginya.

Karena, dari pintu masuk Pasar Beruang para pengunjung sudah diperlihatkan pedagang-pedagang makanan tradisional.

Pedagang tersebut seperti, Pedagang Nasi Gurih, Bakmie, Nasi Sayur, aneka kue tradisional, serta makanan tradisional yang legendaris. Tak hanya makanannya saja Yasudah legendaris, tetapi sebagian para pedagang kuliner tersebut legendaris.

Sebab, Pedagang-pedagang tersebut yang ada di Pajak Beruang merupakan generasi kedua dan ketiga. Wajar saja seperti itu, karena Pajak Beruang Medan sudah ada semenjak kurang lebih 1950-an.

Pajak Beruang diberinama Beruang, karena dahulu nama Jalannya Beruang. Kemudian, hampir rata-rata di Pajak Beruang ini harga-harga seperti bahan pokok, makanan dan lainnya dinilai cukup mahal.

Hal ini dikarenakan Pajak Beruang menjual kualitas barang yang berkualitas, baik itu menjual sayur-mayur, ikan laut dan sungai, daging ayam, sapi dan babi, bahan-bahan pokok, serta keperluan sehari-hari, seprti ember, pakaian, celana dan kulinernya.

Walaupun mahal dijual seperti kuliner tetapi rasanya lezat dan nikmat serta tanpa penyedap. Kemudian, kuliner tradisional yang jarang ditemukan pajak lain, namun di Pajak Beruang bisa ditemukan.

Contohnya aneka kue tradisional seperti, kue lemet, kue keladi, kue bugis, bolu ceres, kue kemplang, kue lumpang, kue lapet, pukis, serta lainnya. Aneka kue ini dijual dari mulai harga Rp 3000 sampai harga Rp 7000. Para pedagang kue di Pajak Beruang biasanya menggunakan stand berbentuk tenda kayu dan meja sebagai tempat aneka kue yang digelar menggunakan tampa.

Tak hanya itu saja, pedagang nasi gurih dan pedagang nasi sayur juga begitu. Nasi sayur ini sungguh ramai peminatnya, begitu juga nasi gurih. Nasi sayur dan nasi gurih di Pajak Beruang ini ada yang halal dan non halal.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved