Putusan Praperadilan Kivlan Zen Digelar Hari Ini, Pengacara Yakin Menang

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Selasa (30/7/2019), akan menjatuhkan putusan gugatan praperadilan mantan Kepala Staf Kostrad, Kivlan Zen

Putusan Praperadilan Kivlan Zen Digelar Hari Ini, Pengacara Yakin Menang
ANTARA
Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen (tengah) dikawal polisi usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum, Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/5/2019). 

Putusan Praperadilan Kivlan Zen Digelar Hari Ini, Pengacara Yakin Menang

TRIBUN MEDAN.com - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Selasa (30/7/2019), akan menjatuhkan putusan gugatan praperadilan mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen.

Kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta Singarimbun, yakin kliennya akan menang dalam sidang praperadilan karena penetapan Kivlan sebagai tersangka cacat formil.

Ia menyebutkan bahwa pihak termohon yaitu Polda Metro Jaya tidak pernah membeberkan 2 barang bukti di persidangan.

"Apa dua alat bukti yang cukup tidak pernah terungkap dalam persidangan, terbukti tidak pernah ada pemeriksaan calon tersangka karena tanggal 29 Mei ditangkap ditetapkan tersangka," kata Tonin, Selasa (30/7/2019).

Selain itu Kivlan juga tidak pernah didampingi kuasa hukum saat merampungkan Berita Acaranya Pemeriksaan (BAP) pemeriksaannya.

"Dengan demikian penetapan tersangka cacat formil," ungkap dia.

Baca: Pasangan Selingkuh Bersimbah Darah Dibacok di Dalam Rumah, Pembantu Kaget dan Langsung Teriak

Baca: MEIKARTA TERKINI - 2 Tersangka Baru Diungkap KPK, Sekda dan Mantan Presiden Direktur Lippo Cikarang

Sebelumnya, Kivlan Zen dijadikan tersangka oleh Polda Metro Jaya karena diduga telah terlibat dalam kepemilikan senjata saat aksi 21 22 Mei lalu.

Tidak terima dengan penetapan tersangka tersebut, Kivlan Zen mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan pada 20 Juni 2019.

Gugatan tersebut dilayangkan terkait penetapan tersangka yang dinilai tidak tepat.

Kuasa hukum Kivlan Zen, Suta Widya, dalam kesaksiannya di persidangan Rabu (24/7/2019) lalu, mengatakan penangkapan dan penetapan Kivlan Zen sebagai tersangka dilakukan secara aneh.

Halaman
123
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved