Tahun 2020, Pemkab Asahan Bakal Dirikan Mal Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan berencana mendirikan bangunan layaknya mal pada tahun 2020.

Tahun 2020, Pemkab Asahan Bakal Dirikan Mal Pelayanan Publik
Dok. Pemkab Asahan
Plt Bupati Asahan, Surya memukul gong tanda mulai berjalannya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kabupaten Asahan. Launching kegiatan itu berlangsung di kantor Disdukcapil Asahan, Selasa (30/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan berencana mendirikan bangunan layaknya mal pada tahun 2020.

Sehingga masyarakat bisa melakukan segala bentuk pengurusan administrasi maupun lainnya hanya di satu lokasi yang sama.

Pernyataan itu disampaikan Plt Bupati Asahan, Surya saat menghadiri acara Launching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan, Selasa (30/7/2019).

"Mal yang dimaksud ini bukan pusat perbelanjaan, namun tempat pelayanan publik, seperti pengurusan pencatatan sipil, pembayaran pajak, pengurusan izin bangunan. Semuanya yang berbentuk pelayanan publik akan ada di Mal itu," kata Surya.

Menurut Surya, gagasan itu sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab Asahan yaitu Terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

"Kami akan terus berusaha meningkatkan pelayanan publik," sebutnya.

Terkait GISA, Surya berharap peranan seluruh perangkat pemerintahan hingga tingkat kepala desa dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan.

"Khusus kepada Kadisdukcapil, saya harap mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan, tidak berbelit-belit. Tingkatkan metode dan inovasi pelayanan untuk masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan ini Disdukcapil Asahan menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan berupa Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswa SD dan SMP yang berjumlah 100 orang.

Selain itu diserahkan juga KTP elektronik pemula kepada 20 orang, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan akta pengesahan kepada sejumlah masyarakat Asahan yang telah melakukan pengurusan sebelumnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved