Breaking News:

Dinas Perternakan Pastikan Sumut Bebas dari Hewan Kurban Bervirus

"Besok akan ada rapat dengan seluruh kepala dinas kabupaten/kota untuk membahas tenteng pemeriksaan hewan kurban," jelasnya.

Penulis: Satia | Editor: Royandi Hutasoit
Tribun Medan / Dedy
Peternak sapi Langkat, Rustam (47) menunjukkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, di kediamannya, Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Selasa (30/7/2019) 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan, Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan pengecekan terhadap hewan-hewan yang akan dikurbankan, pada perayaan Hari Raya Haji.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Mulkan Harahap mengatakan, sudah melaksanakan kegiatan pemeriksaan hewan kurban, demi mengantisipasi adanya penyakit yang bisa menular.

"Melaksanakan kesehatan hewan kurban, untuk menghindari penyakit menular kepada masyarakat.
Saat ini sedang kami laksanakan pemeriksaan itu," jelasnya, melalui sambungan telepon genggam, Rabu (31/7/2019).

Mulkan menyampaikan, belum semua dinas melaksanakan kegiatan pemeriksaan kepada hewan-hewan kurban. Ia mengatakan, pada esok hari seluruh Dinas Peternakan akan berkumpul dan mengatakan pertemuan untuk membahas tentang pemeriksaan hewan.

"Besok akan ada rapat dengan seluruh kepala dinas kabupaten/kota untuk membahas tenteng pemeriksaan hewan kurban," jelasnya.

Dirinya mengatakan, untuk daerah Sumut dari tahun lalu sampai dengan saat ini pihaknya belum ada menemukan adanya penyakit menular dari hewan ke manusia.

"Di Sumut ini kondisi penyakit hewan itu sangat terkendali, biasanya adapun penyakit yang menular dari hewan ke manusia itu tidak kita temukan sampai dengan saat ini," ungkapnya.

Artinya, Mulkan bisa menjamin bahwa Sumut sudah terkendali dari virus atau bakteri yang ada di tubuh hewan bisa menular ke manusia. Ia juga memastikan, saat ini tidak adalagi

(cr19/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved