TP PKK Provsu Monitoring 8 Desa dan 1 Kecamatan di Langkat

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan monitoring delapan Desa binaan percontohan

TP PKK Provsu Monitoring 8 Desa dan 1 Kecamatan di Langkat
Tribun Medan/HO
Dalam kesempatan yang sama, TP PKK Kabupaten Langkat resmikan Aplikasi IL-IVA Android. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, LANGKAT - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan monitoring delapan Desa binaan percontohan dan satu Kecamatan binaan TP PKK Kabupaten Langkat Tahun 2019, Selasa (30/7/2019).

Suasana rapat gabungan monitoring delapan Desa binaan percontohan dan satu Kecamatan binaan TP PKK Kabupaten Langkat Tahun 2019.
Suasana rapat gabungan monitoring delapan Desa binaan percontohan dan satu Kecamatan binaan TP PKK Kabupaten Langkat Tahun 2019. (Tribun Medan/HO)

Rombongan Monitoring Lomba 10 Program Pokok PKK tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Provsu Sri Ayu Nihari Musa Rajeksah, dan disambut oleh Ketua TP PKK Langkat Tiorita Terbit Rencana didampingi pengurus PKK Langkat.

Sri Ayu selaku Ketua Monitoring Lomba 10 Program pokok PKK, pada bimbingannya menjelaskan, bahwa monitoring ini merupakan rangkaian kegiatan keterpadaun untuk membangkitkan semangat melalui koordinasi dan keterpaduan lintas sektoral terkait, yaitu mitra sejajar PKK dalam mengisi pembangunan di segala bidang.

Selain itu, pada tahap monitoring ini, Tim Monitoring akan melihat secara langsung tingkat  perkembangan di Desa/Kelurahan  yang menjadi Binaan masing–masing PKK kabupaten/kota.

“Maka melalui kegiatan monitoring ini, saya mengharapkan para peserta dapat mewujudkan kesiapan dan kemampuannya, sehingga apa yang diharapkan diseluruh tingkatan kelompok dari Desa Wisma, desa/kelurahan, kecamatan dapat berhasil,” terangnya.

Selanjutnya, Sri Ayu menyampaikan, bahwa di bulan Agustus 2019, TP PKK Provsu akan mengadakan jambore kader PKK tingkat Provinsi, sedangkan untuk jambore kader PKK tingkat nasional diadakan di bulan September 2019.  Sedangkan untuk kegiatan bulan balita dan bina generasi muda serta remaja, direncanakan akan diadakan pada Oktober 2019.

“Saya berharap kepada ketua TP PKK Kabupaten/Kota  yang ada di Sumut, dapat berpartisifasi  dalam kegiatan tersebut, dan mempersiapkan kader–kadernya untuk bertanding sesuai dengan kategori lomba yang nanti akan di tetapkan oleh TP PKK Provsu,” sebutnya.

Sementara, Ketua TP PKK Langkat Tiorita, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Monitoring TP PKK Provsu, semoga hal ini memberikan motivasi bagi seluruh pengurus PKK Langkat, untuk lebih meningkatkan kapasitas dan kemafaatannya.

“Semoga arahan dan bimbingan yang diberikan, dapat semakin menyempurnakan kesiapan PKK Langkat pada lomba ini,” ujarnya.

Ketua TP PKK Langkat Tiorita Terbit Rencana Perangin-angin mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Monitoring TP PKK Provsu.
Ketua TP PKK Langkat Tiorita Terbit Rencana Perangin-angin mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Monitoring TP PKK Provsu. (Tribun Medan/HO)

Sembari mengatakan, jaka di kesempatan ini PKK Langkat dapat menjadi yang terbaik, pihaknya akan berupaya dan bertekad menyiapkan diri, untuk membawa nama baik Provsu pada level nasional.

Disampaikan Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Langkat Musti Sitepu, adapun 8 Desa Binaan Percontohan tersebut, pertama Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan sebagai Desa binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR). Kedua, Desa Telagah Kecamatan Sei Bingai sebagai Desa binaan Usaha Penigkatan Pendapatan Keluaraga (UP2K-PKK). Ketiga, Desa Stungkit Kecamatan Wampu sebagai Desa binaan Hatinya PKK.  

Keempat, Desa Jati Sari Kecamatan Padang Tualang sebagai Desa binaan Tertib Administrasi PKK. Kelima Desa Pematang Serai Kecamatan Tanjung Pura sebagai Desa binaan Kesrag-PKK-KB-KES. Keenam, Desa Puraka I Kecamatan Sei Lepan sebagai Desa Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Ketujuh Desa Kuta Parit Kecamatan Selesai sebagai Desa binaan Posyandu. Kedelapan, Desa Perdamaian Kecamatan Binjai sebagai Desa binaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Untuk Kecamatan, yaitu Pematang Jaya sebagai binaan untuk Inspeksi Visual Asetat (IVA Test),” paparnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan presmian Aplikasi IL-IVA Android,  yang digunakan untuk memuat info tentang IVA Test serta terhubung dengan seluruh Kader IVA Test, seperti Bidan Desa dan petugas Puskesmas yang ada di kecamatan Pematang Jaya.

Editor: Ryan Nur Harahap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved