Gerakan Istiqomah Sedekah Jual Pakaian Bekas untuk Membantu Sesama

GIS ingin memberi arti lebih untuk setidaknya bisa memberikan sarapan masyarakat yang membutuhkan untuk mengawali hari-hari.

Gerakan Istiqomah Sedekah Jual Pakaian Bekas untuk Membantu Sesama
HO
Aktivitas Gerakan Istqamah Sedekah (GIS) saat memberikan 500 sarapan gratis dan berdagang baju seikhlasnya untuk membantu sesama umat saat car free day beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com-Berdiri sejak setahun yang lalu, Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) mencoba hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberi makna.

GIS ingin memberi arti lebih untuk setidaknya bisa memberikan sarapan masyarakat yang membutuhkan untuk mengawali hari-hari.

Penggagas GIS Exsan Al-aqraby mengatakan untuk mendukung aktifitas ini, mereka menjual pakaian layak bekas sebagai sumber dana untuk melancarkan aksi pemberian sarapan di jalanan.

"Wadah ini telah berdiri baru satu tahun ini. Dilatarbelakangi dari niat kawan-kawan yang berkeinginan untuk sedekah tepat sasaran. GIS sendiri mempunyai beberapa program seperti memberi makan malam kaum dhuafa pinggir jalan, wakaf air bersih untuk masjid dan mushola, loundry gratis untuk mesjid dan mushola serta agenda jumat kita mempunyai program jumat barokah," ujar Exsan kepada Tribun Medan, Kamis (1/8/2019)

Sesekali, mereka juga mendirikan stan booth saat Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan. Teranyar, CFD yang sempat dilaksanakan itupun disyukuri lantaran sempat menjadi perhatian Walikota Medan.

Pria berusia 33 tahun ini mengatakan GIS hanya beranggotakan dua orang, yakni Dr.Nova Satria yang bertindak sebagai sekertaris, serta Linda Chaniago selaku bendahara.

Adapun anggota GIS sendiri, dikatakan Exsan tidak ada yang tetap. GIS bukanlah organisasi/komunitas seperti yang lainnya. Hanya saja, imbuh Exsan, setiap beraktivitas ada saja teman lain yang datang membantu.

"Anggota tetap, enggak ada. Kami bukan komunitas. Semuanya dalam bentuk relawan dan dermawan. Dan sampai hari ini juga kami belum mempunyai donatur tetap yang mengikat," pungkasnya.

Bersama GIS, Exsan mengatakan mereka siap menerima dan menyalurkan bantuan calon-calon dermawan di luar sana, yang masih bingung ke mana menyalurkan bantuan. GIS sangat menjaga kepercayaan para dermawan.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved