Belum Ada Pemanah Lampaui Skor Nasional, Perpani Sumut Geber Latihan Atlet Kelas Standard Bow

Sekretaris Umum Perpani Sumut, Rahmat Purba mengatakan tidak ada satu pun atlet yang mampu melampau standar skor nasional.

Belum Ada Pemanah Lampaui Skor Nasional, Perpani Sumut Geber Latihan Atlet Kelas Standard Bow
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Para atlet panahan saat mengikuti Selekda kelas standar bow yang digelar Perpani Sumatera Utara di Stadion Mini Disporasu Jl Pancing, Medan, Minggu (4/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengprov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumut telah selesai menggelar Seleksi akhir menjaring atlet kelas standard bow (ronde nasional) yang berlaga di Pra-PON Jakarta 21-29 September mendatang.

Dari 22 pemanah yang ikut seleksi, Sekretaris Umum Perpani Sumut, Rahmat Purba mengatakan tidak ada satu pun atlet yang mampu melampau standar skor nasional.

Jika mengacu pada skor nasional, maka para atlet sebenarnya harus mampu meraih nilai minimal 930. Namun saat ini para peserta kebanyakan hanya mampu mencapai nilai di bawah 900. 

"Seleksi hari kedua untuk Ronde Nasional berjalan sukses. Atlet putra 12 dan putri 10. Skor memang belum bisa diharapkan sesuai dengan skor nasional. Rata-rata di bawah 900 cuma satu orang yang mencapai 900 tadi," ujarnya usai seleksi, Minggu sore (4/8/2019).

Rahmat menjelaskan, dari para atlet yang ikut seleksi, nantinya akan diputuskan oleh Pengprov berapa yang akan dikirimkan mengikuti Pra-PON. Terkait skor yang belum mencapai standar nasional, Rahmat mengatakan akan kembali menggeber latihan selama sebulan jelang kejurnas Pra-PON.

"Tapi yang jelas dari yang terbaik 1-3 sudah cukup andal bersaing di Pra-PON. Nanti mereka akan diberikan spesial latihan khusus. Dari seleksi hari ini sudah nampak kekuarngan mereka, apa yang perlu diperbaiki. Intinya fisik dan mentalitas lombanya yang perlu dibenahi supaya mereka siap," terangnya.

Rahmat optimistis dalam sebulan ke depan bisa meningkatkan kualitas dan skor para atlet yang nantinya terpilih. Berdasar standar skor nasional, dan skor atlet, sesegera mungkin pengprov Perpani Sumut akan memutuskan siapa saja yang akan dikirimkan.

" Kalau pelatih, atlet bisa menyatu Saya yakin bisa (tingkatkan skor). Rencana kita kirim satu regu ronde nasional , putra-putri. Kalau kita lihat skornya bisa 3-4 baik putra dan putri. Dalam Minggu ini harus siap, nanti diumumkan dan langsung latihan. Karena dikejar waktu kita," jelasnya.

Rahmat pun berharap para atlet yang terpilih bisa disiplin berlatih. Apalagi jelang Pra-PON, latihan akan digelar setiap hari. Selain latihan, Pengprov Perpani Sumut juga akan berencana membawa atlet untuk mengikuti try out jelang Pra-PON.

"Kita minta kesiapan atlet dan orangtua supaya menyatu supaya bisa kita tuntut hasil yang baik apalagi kita akan latihan setiap hari sampai berangkat nanti. Nanti mereka juga try out sekali lagi, kita lihat di luar Medan untuk uji coba," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved