Pedagang Pasar Buah Berastagi Tampar Turis karena Batal Membeli, Begini Respons Kadis Pariwisata

Dirinya mengungkapkan, memang belum melakukan konfirmasi secara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat.

Pedagang Pasar Buah Berastagi Tampar Turis karena Batal Membeli, Begini Respons Kadis Pariwisata
Facebook.com/Tiktok
Seorang pedagang di Pasar Buah Berastagi, Karo, Sumatera Utara, diduga menampar seorang turis yang batal membeli dagangannya pada Sabtu (3/8/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Beredarnya kabar tentang pengalaman tidak mengenakkan yang dialami oleh wisatawan asal Malaysia, mendapatkan respon dari beberapa pihak.

Mendapatkan kabar ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, langsung memberikan tanggapan serius.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo Kasman Sembiring, SH, mengungkapkan sangat menyesalkan peristiwa tersebut.

Dirinya menyebutkan, dengan adanya peristiwa pada Sabtu (3/8/2019) kemarin itu, tentunya dapat mencoreng citra wisata Kabupaten Karo.

"Kalau kita dari Dinas Pariwisata ini tindakan yang tidak bagus, istilahnya membuat wisatawan nanti agak takut datang ke sini," ujar Kasman, saat dikonfirmasi via seluler, Selasa (6/8/2019).

Suasana Pasar Buah, Jalan Gundaling, Berastagi, Selasa (6/8/2019).
Suasana Pasar Buah, Jalan Gundaling, Berastagi, Selasa (6/8/2019). (Tribun Medan / Nasrul)

Dirinya mengungkapkan, padahal setiap tahunnya pihaknya telah melakukan penyuluhan sadar wisata bagi pelaku-pelaku usaha yang ada di Kabupaten Karo.

Dirinya mengatakan, di dalam penyuluhan itu para pelaku usaha diberikan pemahaman tentang sapta pesona dan dasar-dasar wisata. Di antara adalah, faktor keamanan, tertib, bersih, ramah, dan ketenangan.

"Setiap tahun kita ada penyuluhan sadar wisata, memang belum semua pelaku usaha kita berikan penyuluhan secara langsung. Tapi kita langsung ke para perwakilan dari setiap tempat wisata, jadi mereka yang melanjutkannya ke para pedagang," ucapnya.

"Dari setiap penyuluhan kita lebih menekan unsur ramah-tamah, supaya kita tetap ramah kepada wisatawan. Dengan adanya kejadian kemarin, membuat citra buruk bagi pariwisata terutama di Pasar Buah," tambah Kasman.

Dirinya mengungkapkan, memang belum melakukan konfirmasi secara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved