Sorasirulo Community Meditation, Komunitas Penjaga Warisan Aksara Karo

Tepat pada 2017, SCM membentuk sebuah les aksara Karo di Pasar 1, Setiabudi Medan, Kecamatan Medan Selayang.

Sorasirulo Community Meditation, Komunitas Penjaga Warisan Aksara Karo
HO
Penelitian Aksara Karo di Belanda 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Berawal dari pertunjukkan seni tradisional Karo yang tampil di desa ke desa di Kawasan Delitua pada tahun 2008, sebuah Komunitas bernama Sorasirulo Community Meditation (SCM) menjelma menjadi sebuah sekolah untuk mempelajari kembali Aksara Karo.

SCM ingin menjaga warisan bahasa tertulis milik orangtua.

Tepat pada 2017, SCM membentuk sebuah les aksara Karo di Pasar 1, Setiabudi Medan, Kecamatan Medan Selayang.

SCM pun mengajarkan 25 anak-anak dari latar belakang suku dan agama berbeda terkait teknik menulis dan membaca Aksara Karo.

"Kita bekerjasama dengan Museum Sumatera Utara, waktu itu. Ada juga bantuan dari pihak Vihara untuk membantu operasional les Aksara Karo ini. Tetap saja, karena kita kekurangan buku atau naskah kegiatan belajar mengajar menjadi tersendat," ujar Ita Ulina Tarigan yang merupakan salah satu penggagas SCM.

Tantangan-tantangan lainnya seperti kesibukan anak-anak dan mentor, alhasil SCM bubar. Padahal imbuh, Ita, kehadiran SCM seperti semangat baru belajar Aksara Karo.

"Dan karena kesibukan -kekurangan itu kami terpaksa harus membubarkan diri. Sekarang masing-masing diantara kami mengajar di tempat masing-masing," ujar Ita.

Dalam waktu dekat Ita dan teman-teman dari eks SCM akan membuat sebuah buku yang berisi materi-materi mempelajari Aksara Karo.

Diharapkan buku ini nantinya memudahkan generasi muda untuk menguasai teknik penulisan warisan Bangsa Karo tersebut.

Sebagai seorang generasi yang bertanggung jawab dengan adat istiadatnya, Ita Apulina pun tahun ke tahun mempelajari Aksara Karo.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved