Warga Deliserdang Sudah Bisa Urus Administrasi Kependudukan di Kecamatan

Karena program ini, kantor Dinas Capil yang berada di komplek perkantoran Bupati Deliserdang sudah sepi Selasa, (6/8/2019).

Warga Deliserdang Sudah Bisa Urus Administrasi Kependudukan di Kecamatan
Tribun Medan / Indra
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Deliserdang 

TRIBUN-MEDAN.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deliserdang mulai merealisasikan pelayanan maksimal di tiap-tiap Kecamatan.

Untuk saat ini pemohon dari masing-masing Kecamatan dapat melakukan pengurusan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan sehingga tidak lagi mesti datang ke kantor Dinas di Lubukpakam mengantri panjang.

Karena program ini, kantor Dinas Capil yang berada di komplek perkantoran Bupati Deliserdang sudah sepi Selasa, (6/8/2019).

Kepala Bidang Kependudukan dan Data Disdukcapil Deliserdang, Alrasudin Kaloko yang diwawancarai mengakui bahwa tidak semua pelayanan dapat dilakukan di kantor Kecamatan.

Disebut untuk pelayanan KTP dan akte kelahiran masih dilakukan di kantor Dinas. Mesti pengurusan masih di kantor Dinas namun untuk pengambilan dapat diambil di kantor Camat.

"Ngurus KK dan Surat Keterangan (Suket) sudah bisa di kantor Camat sekarang ini. Di 22 Kecamatan sudah bisa lah ngurusnya sekarang ini. Kalau Suket itu kan dikeluarkan sebagai pengganti KTP karena kosongnya blangko," ujar Kaloko.

Pelayanan untuk pengurusan KK dan Suket di Kecamatan, lanjut Kaloko bisa direalisasikan karena saat ini sudah tidak ada lagi tandatangan basah Kadis di lembarannya.

Pada saat ini sudah ada barkot sebagai pengganti tandatangan. Mesin pencetak KK dan Suket juga telah mendukung di tiap-tiap kantor Kecamatan.

"Kalau sekarang blangko sih di kantor kita sudah habis lagi. Kemarin kita dapat cuma dua ribu itupun karena kita pinta-pinta ke Provinsi dan Kementerian. Sekarang ya Suket dulu lah yang dikeluarkan sebagai penggantinya kalau ada yang bermohon,"kata Kaloko.

(dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved