News Video

Curhat Janda 64 Tahun tak Dapat Alsintan hingga Pendapatan tiap Panen Cuma untuk Bayar Utang

"Asal panen hami, ikkon manggarar utang (asal kami panen, jadi fokus membayar hutang)."ujar wanita bercucu 13.

Curhat Janda 64 Tahun tak Dapat Alsintan hingga Pendapatan tiap Panen Cuma untuk Bayar Utang
Tribun Medan / Arjuna
Resmin Sinaga (64), saat ditemui Tribun Medan di Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Selasa (7/8/2019) tengah hari menjemur jagung. Resmin mengaku butuh alat pemipil jagung. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Sejumlah petani di Samosir hingga saat ini masih menunggu jatah alat mesin pertanian (Alsintan), tiap kali panen harus fokus membayar hutang. Ungkapan itu disampaikan Resmin Sinaga (64), seorang janda saat ditemui Tribun Medan di Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Selasa (7/8/2019) tengah hari.

"Asal panen hami, ikkon manggarar utang (asal kami panen, jadi fokus membayar hutang)."ujar wanita bercucu 13 yang sudah 43 tahun mengaku janda ini.

Resmin merupakan anggota Kelompok Tani Martabe yang diketuai Halomoan Situmorang.

Resmin dan kelompoknya siang itu terlihat sibuk menjemur jagung yang sudah dipipil di halaman rumah adat di desa Batak berbenteng bambu itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, Viktor Sitinjak mengatakan saat ini Pemkab tengah berupaya mengajukan permohonan Alsintan ke Pemerintah Pusat.

"Terkait itu, tahun ini kita sedang mengajukan permohonan kepada kementrian pertanian, mudah-mudahan ini segera bisa didistribusikan. Baik itu mesin pemipil jagung, hingga embung," tuturnya

Hal itu kata Viktor karena keterbatasan Alasintan yang diterima Pemkab Samosir dari Pemerintah Pusat.

Namun, dianjurkannya seperti disampaikan Kelompok Tani Martabe sudah mengajukan pada tahun 2017 lalu dia berjanji melakukan pengecekan melalui Kepala Bidang yang menangani.

(jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved