Pemko Medan Ambil Alih Bangunan Warenhuis, Majelis Kesenian Medan Beri Apresiasi Tinggi

Sehingga, bangunan tersebut tidak semata-mata hanya menyedot anggaran melainkan juga mampu memberikan kontribusi untuk PAD.

Pemko Medan Ambil Alih Bangunan Warenhuis, Majelis Kesenian Medan Beri Apresiasi Tinggi
rizki/tribun-medan.com
Warenhuis yang terbakar di Jalan Ahmad Yani Medan 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis Kesenian Medan (MKM) mengapresiasi langkah Pemko Medan yang telah berani mengambil alih gedung Warenhuis, sebuah gedung bersejarah dan objek cagar budaya di Jalan Hindu Medan.

“Meski langkah ini terlambat, tapi kami menaruh hormat kepada Pemko Medan yang telah menyelamatkan satu aset sejarah dan budaya kota Medan,” kata Ketua Majelis Kesenian Medan, Choking Susilo Sakeh, Rabu (7/8/2019).

Gedung supermarket pertama di Medan itu, telah puluhan tahun dikuasai oleh kelompok pihak yang tidak berhak. Kondisi bangunan itu kini sangat tidak terawat dan begitu sangat memprihatinkan.

Pengambilalihan gedung menjadi bukti adanya kepedulian Pemko Medan terhadap aset sejarah masa lalu Kota Medan dan sekaligus kepedulian terhadap objek cagar budaya yang ada.

Choking berharap, semua pihak dan warga Kota Medan memberi dukungan penuh terhadap kepedulian Pemko Medan semacam ini.

Dia menyebut, dalam dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Medan tahun 2018 yang merupakan amanat UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, dinyatakan adanya ratusan objek sejarah dan cagar budaya di Kota Medan.

“Dokumen PPKD Kota Medan yang disusun Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan dengan melibatkan berbagai elemen terkait, ditandatangani oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin dan menjadi bagian dari penyusunan Strategi Kebudayaan Nasional pada Kongres Kebudayaan Indonesia tahun 2018,” urainya.

Pihaknya juga mengapresiasi langkah yang sedang dilakukan Dinas Kebudayaan Medan sebulan terakhir ini, yakni melakukan verifikasi faktual terhadap objek sejarah dan cagar budaya di Medan, bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Medan yang telah dibentuk oleh Walikota Medan setahun lalu.

“Jika verifikasi faktual rampung, kami berharap Wali Kota Medan segera menerbitkan Perwal tentang objek cagar budaya di Medan,” harapnya.

Choking mengimbau, bahwa hal paling penting adalah kemampuan Pemko Medan untuk membangun narasi menggairahkan terhadap objek sejarah dan cagar budaya yang telah diselamatkan.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved