Bus Damri Rute Teluknibung-Ajibata Mulai Beroperasi, Kini ke Danau Toba Lebih Mudah

Masyarakat Kota Tanjungbalai kini memiliki pilihan tambahan moda transpotasi jika ingin berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Bus Damri Rute Teluknibung-Ajibata Mulai Beroperasi, Kini ke Danau Toba Lebih Mudah
Tribun Medan/Mustaqim Indra Jaya
Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (batik merah) melambaikan tangan melepas bus Damri rute Teluknibung, Tanjungbalai - Ajibata, Parapat di halaman kantor Pemko Tanjungbalai, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Masyarakat Kota Tanjungbalai kini memiliki pilihan tambahan moda transpotasi jika ingin berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Perum Damri pada Kamis (8/8/2019) mulai mengoperasikan dua unit bus dengan rute Pelabuhan Teluknibung, Tanjungbalai - Ajibata, Parapat.

Kepala Bidang (Kabid) Operasional Perum Damri Pusat, S Suyanto menyebutkan pengoperasian bus dengan rute tersebut merupakan salah satu upaya Perum Damri dalam mendukung program pemerintah pusat dalam mengembangkan kawasan pariwisata Danau Toba.

"Kami mendukung perlintasan bus di 34 provinsi, dan rute Teluknibung-Ajibata ini merupakan lintasan yang ke-572 di Indonesia," kata Suyanto, Kamis.

Baca: Dalam Sehari, 2 Nelayan di Tanjungbalai Asahan Tenggelam di Lautan dan Belum Ditemukan

Baca: Video Detik-detik Wajah Kasatpol PP Medan Disiram Air Panas oleh Pedagang Warkop Elisabeth

Baca: Kisah Pilu Pramugari Cantik Lion Air, Menghembuskan Nafas Terakhir saat Berlibur di Kampungnya

Dijelaskan Suyanto, setiap harinya rute tersebut akan melayani satu kali keberangkatan. Untuk rute dari Teluknibung menuju Ajibata, ditetapkan waktu keberangkatannya pada pukul 07.00 WIB.

Sedangkan rute sebaliknya jadwal jam keberangkatan pada pukul 06.00 WIB.

"Ke depannya jadwal keberangkatan akan disesuaikan dengan kondisi Tanjungbalai dan juga di Ajibata, Parapat," sebutnya.

Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial mengapresiasi pengoperasian bus Damri dari pelabuhan Teluknibung menuju Parapat.

Menurutnya, keberadaan bus Damri ini dapat mendukung program pemerintah pusat dalam mengembangkan pariwisata di Sumut, khususnya Danau Toba.

"Pemerintah Tanjungbalai apresiasi Kementerian Perhubungan, khususnya Damri yang tujuannya untuk mendukung pariwisata di Kawasan Danau Toba. Apalagi Tanjungbalai merupakan salah satu pintu masuk bagi wisatawan, terutama dari Malaysia," ucapnya.

Lebih lanjut, Syahrial keberadaan bus Damri ini turut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Tanjungbalai. Sebab, setiap moda transportasi merupakan aspek vital dalam mendukung pembangunan suatu kabupaten/kota.

"Harapannya moda transportasi ini memberikan tarif yang terjangkau dan mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang," sebutnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved