Gubernur Edy Rahmayadi Merespons Dewan soal Lelang Jabatan Eselon II: Itu Hak Prerogatif Saya

"Itu kan hak saya. Hak prerogatif saya sebagai gubernur, gak ada yang bisa campuri itu," kata Edy Rahmayadi

Gubernur Edy Rahmayadi Merespons Dewan soal Lelang Jabatan Eselon II: Itu Hak Prerogatif Saya
Tribun Medan/M Andimaz Kahfi
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat diwawancarai oleh awak media, waktu lalu. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi merespon dingin permintaan Komisi A DPRD Sumut untuk segera mengumumkan hasil seleksi lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilingkungan Pemprov Sumut 2019.

Menurutnya, dalam hal ini adalah hak prerogatifnya sebagai kepala daerah.

"Itu kan hak saya. Hak prerogatif saya sebagai gubernur, gak ada yang bisa campuri itu," kata Edy Rahmayadi menjawab wartawan di Kantor Gubernur, Rabu (8/8/2019).

Edy mengaku saat ini sedang memelajari nama-nama hasil lelang JPT Pratama dari panitia seleksi (pansel).

Diakuinya pula, nama-nama tersebut sudah ia terima di meja kerjanya.

"Saya sedang pelajari saat ini. Jadi gak ada urusannya dengan hak prerogatif gubernur," katanya.

Sebelumnya ia juga mengklarifikasi soal beredarnya nama-nama pejabat eselon II hasil seleksi pansel, dimana terdapat isu bahwa peserta lelang peraih nilai tertinggi sudah diusulkannya ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk disetujui. Ternyata, kata mantan Pangkostrad itu, nama-nama peraih nilai tertinggi hasil seleksi pansel, baru akan dipelajarinya. "Nama-namanya sudah di meja saya tapi belum sempat saya periksa," katanya, Senin (5/8) kemarin.

Ia pun mengatakan nama-nama yang diseleksi itu akan dipelajarinya, terutama tentang kriteria penilaian. Bagi Edy, penilaian tidak hanya soal tingkat intelektual pejabat, namun juga diperlukan loyalitas serta kemampuan secara menyeluruh. "Jika intelektualnya bagus namun tidak loyal kepada atasan, tentunya menjadi pertimbangan juga," ujarnya.

Kalau begitu, kapan nama pejabat eselon II hasil seleksi untuk mengisi 16 jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprovsu yang lowong saat ini diumumkan? Gubernur Edy belum bisa memastikannya. "Secepatnya dan tunggu saja," ujarnya.

Diberitakan, Komisi A DPRD Sumut meminta Gubernur Edy Rahmayadi segera mengumumkan dan melantik ke-16 eselon II Pemprovsu hasil lelang JPT Pratama 2019. Sebab diketahui, mekanisme lelang sudah selesai dilakukan pansel JPT Pratama sekitar dua minggu lalu.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved