Hermansyah Minta Pemkab Karo Selesaikan Pembangunan Rumah Pengungsi Sinabung

"Kita sudah serahkan kepada kabupaten Karo untuk percepatan pembangunan rumah Pengungsi," katanya

Hermansyah Minta Pemkab Karo Selesaikan Pembangunan Rumah Pengungsi Sinabung
TRIBUN MEDAN/HO
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-Deputi bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah menegaskan Pemerintah Kabupaten Karo untuk cepat menyelesaikan pembangunan rumah bagi para pengungsi Gunung Sinabung.

"Kita sudah serahkan kepada kabupaten Karo untuk percepatan pembangunan rumah Pengungsi," katanya saat menghadiri kegiatan di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Kamus (8/8/2019).

Ia mengisyaratkan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mempercepat proses pembangunan rumah bagi pengungsi, agar tidak dimanipulasi.

"Nanti akan saya perintahkan untuk dimonitoring dan dievaluasi oleh provinsi," ucapnya.

Hermansyah melimpahkan sepenuhnya tanggung jawab pembangunan kepada Kabupaten Karo. Sebab, dana yang diberikan dari pusat sudah di berikan langsung kepada Kabupaten Karo.

"Pembangunan tahap tiga ini secepatnya akan kita selesaikan, karena uangnya sudah kita berikan kepada kabupaten Karo," kata dia.

Namun, secara detailnya Hermansyah tidak menjelaskan berapa anggaran yang sudah diberikan pusat kepada Kabupaten Karo untuk pembangunan tersebut.

Tribun Medan menanyakan soal pembangunan rumah pada tahap dua masih terbengkalai.

Diketahui ada 171 rumah yang dibangun untuk para pengungsi Gunung Sinabung.

Hermansyah mengatakan, akan menurunkan tim audit untuk mencari kejelasan soal rumah pengungsi yang terbengkalai.

"Untuk tahap dua itu tidak boleh terlantar sudah saya minta untuk cek itu, tidak boleh terbengkalai itu rumah," ucap dia.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved