Kejurnas Atletik 2019, Sumatera Utara Peringkat Enam dan Boyong 12 Medali

Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut juga telah meloloskan sembilan atletnya menuju PON 2020 di Papua.

Kejurnas Atletik 2019, Sumatera Utara Peringkat Enam dan Boyong 12 Medali
Tribun Medan / Chandra
Pelari putri asal Sumatera Utara, Pretty Sihite (tengah), berhasil meraih medali emas pada ajang kejuaraan nasional atletik 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pelari putri andalan Sumut, Pretty Sihite kembali mempersembahkan 1 medali emas bagi Sumatera Utara pada kejuaraan nasional (kejurnas) atletik junior-senior, yang di tuntas digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (7/8/2019) petang.

Dengan tambahan satu emas di hari terakhir, total Sumut mengoleksi 7 emas, 4 perak, 1 perunggu. Hasil ini sekaligus menempatkan Sumut berada di peringkat enam klasemen akhir perolehan medali.

Selain mampu menorehkan prestasi terbaik, Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut juga telah meloloskan sembilan atletnya menuju PON 2020 di Papua.

Turun di final nomor 3.000 meter steeplechase (halang rintang) putri di hari terakhir kejurnas, Pretty sukses mengalahkan para saingannya dengan membukukan waktu 10:54:44 menit. \

Medali perak diraih atlet Nusa Tenggara Timur Apriana Paijo dengan catatan waktu 11:16:14 menit dan perunggu direbut Dian Ekayanti asal Nusa Tenggara Barat dengan catatan waktu 11:27:75.

Emas di nomor 3000 meter Ini merupakan gold medal kedua yang disumbang atlet asal Sibolga tersebut, dan sekaligus jadi medali emas terakhir Sumut di ajang tahunan yang digelar PB PASI mulai tanggal 1-7 Agustus.

Sebelumnya, Pretty sudah lebih dulu menyumbang emas di nomor lari 5000 me­ter senior pu­tri. Atlet kelahiran 21 Desember 1996 ini berhasil finis dengan catatan waktu 17 menit 51,67 detik, sekaligus lolos limit PON yakni 17 menit 55 detik.

Sebelumnya enam medali emas berhasil diraih kontingen Sumut melalui, Juan Arya Pratama di nomor lari 10.000 meter putra Usia 20, kemudian Agustina Manik di nomor lari 800 meter dan lari 1.500 meter senior putri.

Pretty Si­hite di nomor lari menengah 5000 me­ter senior pu­tri, Abdul Hafiz melalui lempar lembing senior putra dan Rustika Siba­gariang di nomor lempar lembing putri U 20.

Sukses menyabet dua emas di kejurnas kali ini, patut disyukuri Pretty. Hasil ini merupakan buah kerja keras latihan yang ia jalani selama ini. Pretty akan terus memperbaiki catatan waktunya, demi prestasi lebih baik di kejuaraan selanjutnya. “Tetap merasa senang, karena perjuangan selama ini tidak sia – sia.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved