Karena Masih Berstatus Mahasiswa, Hukuman Kurir Ganja 15 Bal Ini Diturunkan Hakim

Langsung saja Hakim Nazar menasihati terdakwa dengan mengatakan bahwa nasibnya belum berakhir karena kasus ini.

Karena Masih Berstatus Mahasiswa, Hukuman Kurir Ganja 15 Bal Ini Diturunkan Hakim
Tribun Medan / Victory
Majelis Hakim yang diketuai Nazar Efriandi memutus lebih ringan kurir 15 bal ganja asal Aceh bernama Zikrul (19) dengan penjara 17 tahun di Pengadilan Negeri Medan, Jumat (9/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis Hakim yang diketuai Nazar Efriandi memutus lebih ringan kurir 15 bal ganja asal Aceh bernama Zikrul (19) dengan penjara 17 tahun di Pengadilan Negeri Medan, Jumat (9/8/2019).

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jacky Situmorang menuntut terdakwa dengan penjara 19 tahun dengan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan.

"Dengan ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggr asal 111 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan hukuman 17 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar dan apabila tidak dibayarkan akan diganti kurungan selama 1 tahun," jelas Hakim Nazar.

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim dalam amar putusan menjelaskan hal yang memberatkan karena terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika.

"Sedangkan hal yang meringankan karena terdakwa berterus terang dan bersikap sopan selama persidangan. Dan karena terdakwa merupakan seorang mahasiswa," jelas Nazar.

Usai pembacaan putusan, terdakwa hanya bisa tertunduk dihadapan hakim.

Langsung saja Hakim Nazar menasihati terdakwa dengan mengatakan bahwa nasibnya belum berakhir karena kasus ini.

"Jadi ini putusan sudah dikurangi Majelis. Karena kamu itu mahasiswa dan barang bukti kamu itu ganja dan kalau itu sabu kian sudah kena hukuman mati. Jadi siapa tahu nanti kamu dapat pengurangan, amnesti dan grasi. Jadi bisa dikurangi, semangatlah jangan tunduk-tunduk nasib kamu belum berakhir," tegasnya.

Hal tersebut ditanggapi anggukan oleh terdakwa Zikrul yang masih tetap menunduk.

Atas putusan tersebut, baik Jaksa maupun terdakwa sama-sama menjawab pikir-pikir.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved