Murid SD Disuruh Kepsek Ganti Rugi Rp 1 Juta, Papan Tulis Rusak Saat Bermain, Orangtua Keberatan

Kepala Sekolah SD Negeri 4 Widorokandang bijaksana dalam menyikapi kasus rusaknya papan tulis oleh siswa kelas SD di sekolahnya

Murid SD Disuruh Kepsek Ganti Rugi Rp 1 Juta, Papan Tulis Rusak Saat Bermain, Orangtua Keberatan
Istimewa
Ilustrasi anak SD 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meminta Kepala Sekolah SD Negeri 4 Widorokandang bijaksana dalam menyikapi kasus rusaknya papan tulis oleh siswa kelas SD di sekolahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Suwoto mengatakan, pihaknya telah memanggil kepala sekolah dan pengawas sekolah SD Negeri 4 Widorokandang.

Pemanggilan ini terkait permintaan ganti rugi sebesar Rp 1 juta kepada siswa yang dituduh merusak papan tulis.

“Mungkin itu pikiran sesaat kepala sekolah untuk memberikan pelajaran. Harapannya, orangtua ikut memperhatikan anak mereka,” ujar Suwoto saat ditemui, Jumat (9/8/2019).

Menurut Suwoto, permintaan uang Rp 1 juta itu tidak semata-mata sebagai hukuman atau ganti rugi.

Suwoto menduga, kepala sekolah memberikan sanksi itu untuk memberikan pelajaran agar siswa tidak berbuat sesuatu yang merugikan pihak lain.

Namun, Suwoto memastikan, orangtua siswa yang hanya bekerja sebagai buruh tani tersebut tidak akan diminta untuk membayar Rp 1 juta.

Menurut Suwoto, Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan akan melakukan penggantian jika pihak sekolah memastikan kerusakan papan tulis cukup parah dan tidak bisa digunakan.

Sebelumnya, orangtua siswa kelas 4 SD Negeri Widorokandang, Magetan, disuruh membayar uang Rp 1 juta untuk mengganti rugi kerusakan papan tulis.

Menurut informasi, papan tulis tersebut rusak saat siswa tersebut bermain pedang di dalam kelas.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved