Sebulan Diluncurkan di Dairi, Kartu Tani Program Jokowi Belum Dirasakan Petani

Sebelum membeli pupuk bersubsidi di toko distributor pupuk, petani pemegang Kartu Tani harus memastikan saldo kartunya terisi dana.

Sebulan Diluncurkan di Dairi, Kartu Tani Program Jokowi Belum Dirasakan Petani
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Baliho sosialisasi Kartu Tani terpampang di Jalan Letjen Ahmad Yani, Sidikalang, Dairi, Minggu (11/8/2019). Program Kartu Tani ini ternyata belum bisa digunakan semua petani di Dairi untuk mendapat pupuk bersubsidi. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Pasca-diluncurkan di Kabupaten Dairi pertengahan Juli 2019 lalu, program Kartu Tani ternyata belum bisa digunakan semua petani di Dairi untuk menerima pupuk bersubsidi.

Sejumlah petani yang ditemui Tribun Medan mengaku, belum mendapat Kartu Tani. Mereka bingung cara memperolehnya. Diduga, Dinas Pertanian Kabupaten Dairi kurang sosialisasi.

Sekadar informasi, Kartu Tani diluncurkan secara resmi di Kabupaten Dairi oleh Bupati E Berutu saat Menristek Dikti RI, Muhammad Nasir, kunjungan kerja di Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi, Sabtu (13/7/2019) lalu.

"Belum ada dapat. Hingga sekarang data kelompok kami belum ada diminta sama petugas dinas pertanian," kata Gabe, ketua salah satu kelompok tani di Kecamatan Sitinjo yang ditemui di Sidikalang.

"Saya juga belum punya," timpal Sihite, rekan Gabe, petani asal Kecamatan Lae Parira.

"Saya belum dapat itu (Kartu Tani-red). Dengar-dengar, katanya hanya kelompok-kelompok tertentu yang bisa dapat," kata Capah, petani lainnya, penduduk Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang.

Kasi Pupuk dan Pestisida pada Dinas Pertanian Kabupaten Dairi, Eben Gurning mengatakan, Kartu Tani sudah bisa digunakan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Namun, untuk sementara, masih sebatas petani-petani di Kecamatan Sidikalang saja.

"Kartu Tani masih tahap uji coba. Kecamatan Sidikalang adalah pilot-project program ini sebelum kita kembangkan ke seluruh kecamatan," kata Eben, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, 70 persen dari jumlah petani di Sidikalang telah menerima Kartu Tani. Para petani penerima kartu itu telah bisa menggunakannya untuk membeli pupuk bersubsidi.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved