Jual Makanan Kekinian Lewat Media Sosial, Afifah Hasilkan Jutaan Rupiah

"Saya berharap apapun yang keluar dari dapur saya rasanya lezat," kata Afifah Dalilah Azhar.

Jual Makanan Kekinian Lewat Media Sosial, Afifah Hasilkan Jutaan Rupiah
Tribun Medan/HO
Afifah Dalilah Azhar menunjukkan produk buatannya di rumahnya Komplek Griya Mora Indah, Senin (12/8/2019). Afifah Dalilah Azhar memanfatkan media sosial Instagram untuk menghasilkan rupiah dengan menjual makanan buatannya. 

TRIBUN-MEDAN.com-Media sosial bisa dimanfaatkan untuk banyak hal baik positif maupun negatif.

Afifah Dalilah Azhar memilih memanfatkan media sosial Instagram untuk menghasilkan jutaan rupiah dengan menjual makanan buatannya.

"Dulu adik saya yang membuat akun Instagram @dlcious.ad tersebut. Saya setuju saja dengan nama tersebut karena delicious itu artinya lezat, saya berharap apapun yang keluar dari dapur saya rasanya lezat. Sedangkan 'ad' itu merupakan singkatan nama saya," ujar Afifah, Senin (12/8/2019)

Akun Instagram tersebut dibuat karena Afifah suka masak cemilan. Karena iseng, ia beri tester pada keluarga, saudara, dan teman kampus. Tak disangka respons positif menjadi semangat untuk meneruskan usaha ini.

"Lalu coba saya jual ternyata banyak yang pesan. Saya menjual brownies alpukat, brownies durian, pudding buah, lasagna, dan makaroni bakar. Untuk brownies saya jual dengan ukuran 250 ml hingga 750 ml," katanya

Menjual makanan yang sedang booming tentunya Afifah memiliki banyak pesaing. Menurutnya yang membedakan produknya dengan produk lainnya adalah di sisi rasanya.

"Kalau saya lihat produk saya dengan produk lainnya sama saja sih. Cuma saya banyak dapat testimoni dari pembeli yang bilang kalau makanan buatan saya beda dan enak," katanya

Afifah juga mengatakan dalam mengolah semua produknya ia tidak memakai pemanis buatan dan pengawet. Produknya dijual dengan harga mulai dari Rp 10 ribu.

Ia mengatakan dalam sehari ia bisa menjual hingga 50 produk. Tak sedikit yang ingin menjadi reseller dari produk Afifah ini.

"Karena saya mengerjakannya masih sendiri jadi saya belum bisa ajak reseller. Kalau ada yang beli mau jual lagi saya masih pakai harga biasa," katanya

Dalam sebulan Afifah mengatakan ia bisa mendapatkan hingga jutaan rupiah. Uang tersebut ia gunakan untuk menambah uang jajan dan membantu membayar uang kuliah.

Awal membangun bisnis ini, modal awal Afifah sekitar Rp 500 ribu. Modal ini berasal dari uang pinjaman kepada orang tuanya.

"Dari modal itu, uangnya diputar. Kalau ada yang beli untungnya disisihkan untuk modal selanjutnya dan bayar uang pinjaman ke mama," ujarnya.

Kebanyakan pembelian Afifah datang dari Tanjungmorawa dan sekitar Medan. Setelah pesan nanti produknya akan dikirim dengan ojek online

"Tidak ada tips dan tricknya khusus sih. Saya banyak berdoa supaya makanan saya banyak yang suka. Untuk pemilihan menu saya menjual produk yang saya suka aja sih," pungkasnya. (cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved