Warga Binjai Resah, Jelang Pilwako 2020 Banyak Oknum Calo Tim Sukses Pinjam KTP

Ipah merasa resah dan khawatir e-KTP miliknya beserta ratusan orang tetangganya dipinjam oleh oknum calo Tim Sukses Pilwako 2020.

Warga Binjai Resah, Jelang Pilwako 2020 Banyak Oknum Calo Tim Sukses Pinjam KTP
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Warga Mencirim Binjai Timur resah dengan keberadaan calo tim sukses Pilwako Binjai 2020 yang menipu mereka untuk meminjam e-KTP. 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Warga Kota Binjai resah dengan aktivitas oknum-oknum calo Tim Sukses Cawako 2020.

Warga merasa khawatir lantaran didatangi sejumlah oknum yang meminjam dan mengumpulkan e-KTP ke sejumlah lingkungan untuk keperluan yang tidak jelas.

Warga Kelurahan Mencirim, Ipah merasa resah dan khawatir e-KTP miliknya beserta ratusan orang tetangganya dipinjam oleh oknum calo Tim Sukses Pilwako 2020.

Ipah bahkan takut e-KTPnya disalahgunakan untuk perbuatan melanggar hukum.

Ipah mengungkap, sudah tiga hari lalu ia didatangi seorang warga yang dikenalnya bernama Saparudin alias Isap meminjam dan memfotokopi e-KTPnya. Katanya Isap berasalan ada oknum pengusaha ingin membuka pangkalan gas, dengam iming-iming akan diberi uang Rp 25.000.

"Kami ada dimintai e-KTPnya sama Isap,. Katanya untuk bantu orang yang mau buka pangkalan gas. Sudah tiga hari ini gak dibayar-bayar, kemarin dijanjikan Rp 25.000 per orang. Belakangan kami dapat info mau dipakai untuk daftar Calon Wali Kota Binjai. Kami merasa ditipui, kami takut e-KTP kami dipakai yang enggak-enggak," ungkapnya.

Santer kabar, ada ratusan e-KTP warga yang masih bertetanggan dengan Ipah sudah dipakai dan difotokopi. Sebagian e-KTP asli sudah dikembalikan, setelah difotokopi, namun uang pengganti yang dijanjikan tak kunjung dibayarkan si peminjam.

Siti warga Mencirim Binjai Timur lainnya mengaku senada. Atas kejadian ini, warga tidak tahu harus melaporkan kejadian ini kemana, dan warga merasa dirugikan karena e-KTP mereka tanpa hak dipakai untuk kepentingan politik.

Di Mencirim, sudah ratusan e-KTP warga yang dipinjam dengan alasan yang tidak jelas oleh oknum-oknum calo tim sukses Pilwako Binjai 2020. Warga berharap pihak terkait dan berwajib melakukan penindakan.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved