Cabai Merah Rp 75 Ribu per Kilo, Pedagang Keluhkan Kurangnya Minat Beli Warga

Ia mengatakan sebelum harga cabai melonjak, ia bisa menjual sampai lebih lima goni. Namun kini hanya dua sampai tiga goni.

Cabai Merah Rp 75 Ribu per Kilo, Pedagang Keluhkan Kurangnya Minat Beli Warga
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Penjualan cabai merah UD Putry di Pasar Raya MMTC Selasa (13/8/2019). Pedagang di kios ini menjual cabai merah dengan harga Rp 70 ribu perkilogram 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Setelah Hari Raya Idul Adha, harga cabai merah di Kota Medan dan sekitarnya masih mahal.

Dari amatan Tribun Medan, Selasa (13/8/2019) di Pasar Raya MMTC pedagang menjual cabai dengan harga beragam mulai Rp 70 ribu per kilogram.

Mahalnya harga cabai ini dikeluhkan oleh pengunjung Pasar Raya MMTC, Rani. Ia mengatakan harga cabai merah tidak menentu dan sangat mahal.

"Kalau sekarang harga cabai merah mahal sekali lah. Saya beli cabainya sedikit saja, siapa tahu besok sudah turun lagi harganya," tutur Rani, Selasa (13/8/2019).

Harga cabai yang mahal ini tak hanya dikeluhkan oleh pembeli. Pedagang di Pasar Raya MMTC ini juga mengeluhkan harga cabai yang mahal. Hal ini karena mengurangi minat masyarakat membeli cabai.

"Kami sekarang jual cabai Rp 70 ribu perkilogram. Harga cabai merah sekarang memang mahal sekali. Ini saja sudah lumayan turun kemarin kami jual Rp 85 ribu," ujar pedagang di UD Putry.

Ia mengatakan harga cabai sudah mahal sejak Hari Raya Idul Fitri. Dengan mahalnya harga cabai tentunya turut mempengaruhi minat masyarakat dalam membeli cabai merah.

"Memang dari lebaran itu harga cabai sudah naik turun. Tapi turun juga tidak sampai murah. Orang juga beli cabai berkurang," katanya.

Ia mengatakan sebelum harga cabai melonjak, ia bisa menjual sampai lebih lima goni. Namun kini hanya dua sampai tiga goni.

"Biasanya kalau mahal gini harga cabai karena permintaan cabai di kota lain seperti Pekanbaru sedang bagus. Jadi di sini pasokan cabai berkurang harganya jadi mahal," jelasnya.

Sementara pedagang lain, Situmorang mengatakan ia menjual cabai merah dengan harga Rp 75 ribu perkilogram nya. Ia tak membedakan harga untuk pembelian banyak maupun sedikit.

"Saya jual banyak atau sedikit tetap Rp 75 ribu, enggak dikurangi. Karena sekarang ini harga cabai merah pun sedang mahal kan," ujarnya.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang memilih membeli cabai sedikit. Bahkan ia hanya meletakkan harapan pada pemilik rumah makan langganannya.

"Saya punya langganan rumah makan. Paling pembelian dari mereka ini bisa diharapkan. Kalau untuk keperluan rumah tangga kebanyakan mereka beli per ons sekarang," pungkasnya.

(cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved