Dituntut Karena Palsukan Ribuan Lem Setan, Pria ini Berdalih Hanya Tamatan SMP

Seusai sidang, Hakim menunda sidang hingga 20 Agustus 2019 dengan agenda replik dari Jaksa Penuntut Umum.

Dituntut Karena Palsukan Ribuan Lem Setan, Pria ini Berdalih Hanya Tamatan SMP
Tribun Medan / Victory
Terdakwa kasus pemalsuan ribuan Lem Setan (merek SI A NO KU RI DO) Nyo Seng Tjoan alias Acuan (56) menjalani sidang nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Negeri Medan, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Terdakwa kasus pemalsuan ribuan Lem Setan (merek SI A NO KU RI DO) Nyo Seng Tjoan alias Acuan (56) menjalani sidang nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Negeri Medan, Selasa (13/8/2019).

Dalam nota pembelaannya, terdakwa berdalih dirinya hanyalah seorang tamatan SMP sehingga tidak dapat membedakan mana barang yang asli dan palsu.

Nota pembelaan dibacakan oleh kuasa hukum terdakwaa Hendrik Siambaton dkk yang diwakili dua pengacara anggotanya.

"Klien kami Acuan baru jual produk tersebut dalam 1 bulan dan hanya tamat SMP jadi tidak paham. Karena Acuan peroleh dan belinya dari grosir dan tidak mengecek warna cerah atau tidak cek satu persatu," ungkap kuasa hukum dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Djaniko Girsang.

Bahkan yang lebih aneh kuasa hukum meminta bahwa untuk membuktikan barang yang dipakai kliennya harus melalui uji coba laboratorium forensik.

"Jadi terdakwa tidak bisa bedakan yang asli dan palsu apakah beda komposisinya jadi harusnya penyidik itu melakukan uji labfor," jelasnya.

Bahkan kuasa hukum meminta agar terdakwa dibebaskan dari seluruh tuntutan.

Selama pembacaan tuntutan terdakwa yang mengenakan terus menerus tertunduk lemas. Sesekali ia tampak melirik ke arah pengacaranya yang sedang membacakan pledoinya.

Seusai dibacakan oleh kuasa hukum, Hakim Ketua Djaniko menanyakan terhadap terdakwa apakah juga akan memberikan nota pembelaan.

Terdakwa hanya bisa menjawab dengan anggukan tidak. "Tidak Yang Mulia, terimakasih," cetusnya.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved