Sambut HUT RI Ke-74, Warga Karo Perkenalkan Kearifan Lokal Lewat Mural

Diketahui, lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh masyarakat yang tinggal di desa-desa yang ada di Kecamatan Dolat Rayat.

Sambut HUT RI Ke-74, Warga Karo Perkenalkan Kearifan Lokal Lewat Mural
Tribun Medan / Nasrul
Masyarakat Kecamatan Dolat Rayat, menggelar aksi melukis dengan menggunakan media dinding atau mural di Jalan Kebun Bunga, Desa Lau Gendek, Kecamatan Dolat Rayat, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, DOLATRAYAT - Ratusan meter dinding tembok yang ada di Jalan Kebun Bunga, Desa Lau Gendek, Kecamatan Dolat Rayat, terlihat lebih berwarna.

Diketahui, lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh masyarakat yang tinggal di desa-desa yang ada di Kecamatan Dolat Rayat.

Menurut informasi, pembuatan seni lukis dengan media dinding atau mural itu, digelar untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Amatan www.tribun-medan.com, lukisan dengan berbagai warna itu seluruhnya memiliki tema yang mencerminkan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Karo.

Seperti gambar rumah adat, transportasi tradisional bagi petani yaitu kereta yang ditarik oleh sapi, aksara Karo. Serta gambar daun sirih beserta perangkatnya, yang khas terlihat bagi sebagain kaum wanita Karo.

Camat Dolat Rayat Leo Girsang, mengungkapkan kegiatan mural tersebut dimulai pada tanggal 1 Agustus 2019 lalu.

Dirinya menyebutkan, nantinya akan diselesaikan pada tanggal 16 Agustus mendatang. Dirinya menjelaskan, mural-mural tersebut juga nantinya akan dilombakan.

"Ini kira mulai tanggal 1 kemarin, dan akan selesai pada 16 Agustus mendatang. Nanti tanggal 16 sekaligus kita lakukan penilaian yang menghadirkan pakar seni budaya. Kemudaian, pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 17 agustus," ujar Leo, saat ditemui di lokasi mural yang tepat berada di depan Kantor Camat Dolat Rayat, Selasa (13/8/2019).

Ia mengatakan, dari total mural sepanjang kurang lebih 100 meter itu dikerjakan oleh masyarakat dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Dolat Rayat.

Tak hanya masyarakat, sekolah-sekolah yang ada di kawasan Kecamatan Dolat Rayat juga turut diikutsertakan menjadi bagian dari kegiatan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved