BBPOM Gerebek Gudang Kosmetik Ilegal di Binjai, Sempat Beredar di Medan dan Binjai

Kepala BBPOM Sumut, Yulius Sacramento Tarigan mengatakan pihaknya mendapat informasi adanya aktivitas ilegal dari masyarakat.

BBPOM Gerebek Gudang Kosmetik Ilegal di Binjai, Sempat Beredar di Medan dan Binjai
Tribun Medan / Dedy
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumut melakukan penggerebakan gudang kosmetik ilegal di Kota Binjai, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumut melakukan penggerebakan gudang kosmetik ilegal di Kota Binjai.

Ratusan kardus berisi ribuan pics kosmetik bedak ilegal diangkut ke mobil truk dari ruko tiga lantai dengan plank Kantor Pos di Jalan Gatot Subroto, Binjai Barat, Rabu petang (14/8/2019).

Amatan tribun-medan.com, ratusan kardus yang tersusun rapi dibongkar petugas BBPOM Sumut, lalu dinaikan ke dalam mobil truk.

Pemilik usaha hanya bisa pasrah ketika produk yang diduga mengandung mercury ilegal disita petugas BBPOM.

Kepala BBPOM Sumut, Yulius Sacramento Tarigan mengatakan pihaknya mendapat informasi adanya aktivitas ilegal dari masyarakat.

Usai disita, seluruh kosmetik ilegal dibawa ke gudang penyimpanan barang bukti BBPOM di Medan.

"Penggerebekan bermula dari informasi yang masyarakat tentang maraknya peredaran kosmetik ilegal di Kota Binjai. Setelah melakukan penyelidikan ke beberapa tempat penjualan kosmetik, akhirnya didapat lokasi gudang ini," kata Sacramento.

Pemilik ruko, Michael yang tinggal di dalam ruko bersama sejumlah keluarganya akan dibawa ke BBPOM Sumut, untuk diperiksa terkait medio aktifitas ilegal itu berlangsung.

Sementara, hasil pemeriksaan terhadap Michael diketahui seluruh kosmetik ilegal itu dari Batam dan Jakarta.

"Hasil pemeriksaan sementara kosmetik dari Batam dan Jakarta. Mereka menjual ke tempat-tempat usaha mereka, dan juga didagangkan secara online. Peredarannya di Binjai dan Medan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved