Gubernur Edy Rahmayadi Bermohon Supaya Pemerintah Pusat Bangun Sport Center di Sumut

Gubernur Edy mengatakan ada tiga bagian utama sarana prasarana yang harus tersedia pada penyelenggaraan PON 2024 di Sumut.

Gubernur Edy Rahmayadi Bermohon Supaya Pemerintah Pusat Bangun Sport Center di Sumut
Tribun Medan / Satia
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat ditemui di halaman parkir Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengusulkan agar pemerintah pusat membantu Sumut sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan PON 2024 dalam membangun sarana prasarana olahraga.

Gubernur Edy mengatakan ada tiga bagian utama sarana prasarana yang harus tersedia pada penyelenggaraan PON 2024 di Sumut.

Pertama pembangunan sarana prasarana utama, sarana prasarana pendukung dan utilitas.

Untuk sarana prasarana utama yaitu pembangunan sport centre di Desa Sena, Kualanamu, Deli Serdang.

Adapun yang harus dibangun adalah stadion utama, lapangan hoki indoor/outdoor, akuatik, velodrome, sirkuit balap motor, gedung senam, gedung bowling, gedung squash, lapangan kriket, lapangan gateball, kurash dan sambo.

Untuk mendukung sarana prasarana utama di kawasan Kualanamu itu, diperlukan sarana pendukung seperti wisma atlet, bisnis centre seperti hotel, mall, transportasi massal dan juga memerlukan utilitas seperti listrik, telekomunikasi, air bersih, drainase, aksebilitas jalan dan lainnya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan kesiapan pemerintah pusat membantu Sumatera Utara sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 bersama Provinsi Aceh.

Menurut Bambang Brodjonegoro, PON 2024 menjadi perhatian utama pemerintah pusat.

Baik di Sumut maupun di Aceh, menurut Bambang Brodjonegoro, pemerintah pusat tidak akan membiarkan kedua Pemprov itu dalam hal pembangunan sarana prasarana.

"Dan yang paling penting adalah dalam waktu dekat agenda penyelengaraan PON. Nanti bersama Pak Gubernur kami akan melihat calon lokasi di kawasan Kuala Namu," kata Bambang Brodjonegoro di sela Konsultasi Regional Sumatera Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 di Hotel Adimulia, Jalan Pangeran Diponegoro.

Sementara sarana prasarana utama yang memerlukan renovasi diantaranya di Medan seperti wisma atlet, velodrome, wall climbing, akuatik, lintasan sepeda roda, sirkuit mini, lapangan tembak, GOR Veteran, kolam renang selayang, gedung asrama PPLP.

Selain itu GOR multifungsi PPLP, lintasan tartan PPLP, Gedung Basket, GOR mini futsal, stadion mini, gedung bowling, gedung PBSI Sumut, Lapangan Benteng, Stadion USU, danau siombak (ski air) dan GSG (gulat, karate, dll).

Kemudian di Binjai lapangan voli indoor, Deli Serdang GOR Lubuk Pakam, Sergai Lapangan Voli dan pengindapan da di Tebing Tinggi GOR Asber Nasution serta di kawasan Danau Toba track jet ski dan penginapan.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved