KPU Binjai Tetapkan 30 Legislatif, 50 Persen Lebih Diisi Wajah Baru

Penetapan digelar KPU Binjai melalui rapat pleno terbuka di Hotel Graha Kardopa, Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binjai Kota, Rabu (14/8/2019).

KPU Binjai Tetapkan 30 Legislatif, 50 Persen Lebih Diisi Wajah Baru
Tribun Medan /Dedi Kurniawan
KPU Binjai Tetapkan 30 Legislatif, 50 Persen Lebih Diisi Wajah Baru. Pleno Penetapan 30 nama legislatif Kota Binjai oleh KPU Binjai di Hotel Graha Kardopa, Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binjai Kota, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai secara sah telah menetapkan 30 nama-nama legislatif terpilih DPRD Binjai hasil Pileg 2019.

Penetapan digelar KPU Binjai melalui rapat pleno terbuka di Hotel Graha Kardopa, Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binjai Kota, Rabu (14/8/2019).

Penetapan 30 nama ini tidak berubah dari hasil rekapitulasi yang sudah digelar beberapa waktu silam.

30 legislatif terpilih periode 2019-2024 perlu diketahui diisi mayoritas sosok baru, pasca sejumlah incumben gagal duduk kembali, yakni 17 di antaranya merupakan wajah baru.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi yang membuka rapat pleno sekaligus menetapkan 30 legislatif terpilih. Dalam rapat pleno dihadiri sejumlah perwakilan partai politik, perwakilan Polres Binjai, Kodim, Kejaksaan Negeri Binjai, Bawaslu, perwakilan Pemko Binjai.

"Hari ini KPU Binjai telah menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih pada Pemilu 2019 yang sudah digelar. Sebanyak 30 orang anggota DPRD Binjai terpilih sudah ditetapkan," katanya.

Baca: Uang Palsu dengan Nilai Miliaran yang Disetorkan Masyarakat ke Perbankan Selama 5 Tahun Dibakar

Baca: Fakta Seputar Lima Bersaudara Kompak Dilantik Jadi Anggota DPRD dari Partai Berbeda di Kalsel

Baca: Aktor Rio Reifan Hattrick Diciduk Polisi karena Narkoba, Istri: Rio di Rumah kok, Mana Beritanya?

"Hasil Pileg 2019, Golkar meraih enam kursi disusul Gerindra lima Kursi dan PDIP empat kursi. Demokrat, PKS, Nasdem dan PAN, masing-masing 3 kursi. PPP dua kursi dan Hanura satu kursi," ungkapnya.

30 nama-nama legislatif terpilih, dari Golkar, Noor Sri Alamsyah Putra, M Yusuf, Boniran, Nur Asyiah, Hj Suhartini, dan Miswar Gunawan.

Baca: Gak Hanya Siswa, Guru Juga Kena Sistem Zonasi yang Dirotasi Termasuk Kakak Iriana Jokowi

Baca: BELASAN Anggota TNI/Polri Gugur Diserang KKB Papua, Wapres Jusuf Kalla Perintahkan Serang Balik

Baca: Mutasi 8 Perwira di Polres Deliserdang, Ini Nama-nama Pejabat yang Menduduki Posisi Baru

Dari Gerindra Ahmad Azrai Azis, Riyan Prasatia Kusnandar, Yudi Pranata, Joko Basuki, dan M Iskandar. Dari PDIP, Ryan Wijaya, Gim Ginting, M Syarif Sitepu, dan M Atan.

Selanjutnya Dari Demokrat, M Sajali, Ahmad Hasian Siregar, dan J Sawitma Nasution. Dari NasDem, Syahrial, T Matsyah, dan Khairul Sembiring. Dari PKS, Marasonang Lubis, Fitriani, Khairul Anwar. Dari PPP, Sri Susilawati, dan Irhamsyah Putra Pohan. PAN, Emagata, Adi Putra, dan Ardiansyah. Dari Hanura, Beni Aura Sanjaya.

Dengan penetapan oleh KPU Binjai, Golkar kembali mempertahankan kursi Ketua DPRD Binjai. Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II akan diisi dari legislatif Partai Gerindra dan PDIP.

Baca: VIDEO : Uang Palsu 1,5 Miliar Dimusnahkan Polda Sumut dan Bank Indonesia

Baca: Ini Daftar Lengkap 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih 2019, Partai Gerindra Peroleh Delapan Kursi

Baca: Ini Daftar 68 Calon Paskibraka Nasional 2019 dari Aceh sampai Papua

Sementara Nasdem, PKS, PAN dan Demokrat mendapat masing-masing 1 fraksi dengan perolehan tiga kursi. Usai penetapan dilakukan penandatangan bersama.

Selanjutnya, hasil penetapan ini akan dikirim KPU Binjai ke Provinsi Sumut yang ditembuskan juga kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Binjai. 30 legislatif terpilih akan dilantik Ketua Pengadilan Negeri Binjai berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara.

Komisioner KPU Binjai Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi menambahkan, 30 dewan terpilih akan dilantik setelah anggota DPRD periode 2014-2019 berakhir masa jabatannya pada 19 September 2019. Setelah ini, KPU menunggu tanda terima LHKPN dari KPK.

"Setelah hasil pleno penetapan ini, KPU Binjai menyerahkan berkas pelantikan ke Wali Kota untuk diteruskan ke Gubernur Sumut dan Kemendagri," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved