Penetapan Anggota DPRD Terpilih, PDI Perjuangan Jawara di Siantar, Golkar di Simalungun

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 30 anggota DPRD Kota Pematangsiantar untuk periode 2019-2024.

Penetapan Anggota DPRD Terpilih, PDI Perjuangan Jawara di Siantar, Golkar di Simalungun
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pekerja menyusun kardus berisi surat suara Selasa (26/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 30 anggota DPRD Kota Pematangsiantar untuk periode 2019-2024.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Pematangsiantar dalam Pemilu 9 April Tahun 2019 lalu yang dilaksanakan di laponta room siantar hotel, kota pematangsiantar.

30 anggota DPRD kota Pematangsiantar yang ditetapkan ini, terbagi dalam tiga daerah pemilihan (dapil), masing-masing dengan alokasi 10 kursi untuk Dapil 1, dan 9 kursi untuk Dapil 2, serta 11 kursi untuk Dapil 3.

Dari 30 anggota DPRD Pematangsiantar yang terpilih, suara terbanyak diraih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yakni sebanyak 8 kursi, disusul dari Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 5 kursi, dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4 kursi, Partai NasDem memperoleh 4 kursi, dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 3 kursi dan Partai Demokrat 3 kursi, Partai Amanat Rakyat (PAN) memperoleh 2 kursi, dan 1 kursi dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Ketua KPUD Kota Pematangsiantar, Daniel Dolok Sibarani mengatakan, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Pematangsiantar merupakan tahap terakhir dari rangkaian panjang Pemilu 2019 yang sudah memakan waktu satu setengah tahun.

Daniel mengatakan KPU akan menyampaikan berkas-berkas penetapan ke Pemerintah Kota Pematangsiantar. Penyerahan berkas itu disusul dengan kelengkapan untuk pelantikan.

"Nanti berkas-berkas penetapan ini kita kirim ke Pemko Siantar. Tinggal nanti para calon terpilih untuk melengkapi syarat admnistratif,"ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Daniel memastikan untuk perolehan kursi dan suara terbanyak diraih PDI Perjuangan. Setelah itu disusul Golkar, Hanura, dan NasDem. Ada delapan parpol yang berhasil meraih kursi di DPRD Siantar.

Rapat pleno penetapan calon legislatif terpilih Kota Pematangsiantar periode 2019-2024 di Siantar Hotel, Rabu (14/8/2019).
Rapat pleno penetapan calon legislatif terpilih Kota Pematangsiantar periode 2019-2024 di Siantar Hotel, Rabu (14/8/2019). (Tribun Medan / Tommy)

"Untuk kota siantar ada 8 parpol yang terpilih. Paling tinggi PDIP,"ungkapnya.

Saat disinggung KPU Kota Siantar terlambat menggelar penetapan, Daniel mengatakan ada persoalan sengketa yang baru saja diselesaikan.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved