Ternyata Mesin ATM Belum Bisa Deteksi Uang Palsu

Meski tak memiliki alat pendeksi uang palsu, mesin-mesin ATM yang ada tak bisa digunakan untuk tindak kejahatan oleh pengedar uang palsu.

Ternyata Mesin ATM Belum Bisa Deteksi Uang Palsu
Tribun Medan/M Andimaz Kahfi
Pemusnahan uang palsu di Kantor Polda Sumut, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan hingga kini seluruh mesin ATM yang dioperasikan oleh perbankan tak bisa mendeteksi uang palsu.

Begitupun, para penjahat pemalsu uang tak bisa menggunakan mesin ini sebagai salah satu modus untuk menyebarkan uang palsu.

Meski tak memiliki alat pendeksi uang palsu, mesin-mesin ATM yang ada tak bisa digunakan untuk tindak kejahatan oleh pengedar uang palsu karena akan langsung terlacak.

“Ini berlaku bukan hanya mesin tarik tunai, tetapi juga pada mesin setor tunai,” kata Sisto di Mapolda Sumut, Rabu (14/8/2019).

Sisto menjelaskan, uang yang masuk ke perbankan melalui mesin setor tunai, akan diolah oleh perbankan kemudian diidentifikasi, apakah ada uang palsu atau tidak.

Apabila perbankan menemukan ada indikasi uang palsu, mereka tidak bisa langsung memutuskan bahwa uang temuan itu merupakan uang palsu.

“Uang yang terindikasi, kemudian diserahkan ke BI dan dianalisis di laboratorium kami untuk memutuskan apakah itu palsu atau tidak,” sebut Sisto.

Ia menambahkan para pengedar uang palsu akan sulit menggunakan mesin-mesin ini untuk mengedarkan uang palsu karena rekening pelaku akan langsung terlacak.

"Selama ini, uang palsu yang ditemukan telah lebih dahulu beredar ke masyarakat," katanya.

Begitu juga dengan mesin tarik tunai. Hingga kini, pihaknya belum mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada uang palsu yang ditarik dari ATM.

Sebelum diisi ke ATM, uang-uang tersebut lebih dahulu diidentifikasi oleh perbankan yang bersangkutan.

“Tidak ada penemuan seperti itu di Sumatera Utara. Laporan dari masyarakat juga belum ada,” tutup Sisto.(mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved