Hungry Ghost Festival Vihara Gunung Timur Sampaikan Doa Seluruh Umat Kepada Tuhan

Pria 63 tahun ini mengatakan bahwa doa yang akan disampaikan panitia sendiri adalah harapan agar Indonesia lebih berjaya.

Hungry Ghost Festival Vihara Gunung Timur Sampaikan Doa Seluruh Umat Kepada Tuhan
Tribun Medan / Alija
Pelaksanaan Hungry Ghost Festival yang berlangsung meriah di Vihara Gunung Timur, Kamis (15/8/2019). Acara ini lebih kurang menjangkau 2000 lebih Tionghoa yang ada di Kota Medan untuk menjamu arwah nenek moyang di bulan hantu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ritual Bangsa Tionghoa yang dilaksanakan setiap bulan ketujuh kalender Lunar yaitu Hungry Ghost Festival ( Zhong Yuan Jie ) berlangsung meriah.

Ratusan bahkan ribuan Tionghoa memanjatkan doa di halaman belakang Vihara Gunung Timur.

Kordinator pengurus Hungry Ghost Festival (HGF) Salim menyampaikan bahwa dirinya dan teman-teman menyiapkan acara sejak sebulan yang lalu.

Acara yang akrab di telinga masyarakat dengan kegiatan "bakar-bakar uang kertas sebagai doa kepada arwah" ini dilaksanakan Kamis (15/8/2019) sore.

Pria 63 tahun ini mengatakan bahwa doa yang akan disampaikan panitia sendiri adalah harapan agar Indonesia lebih berjaya.

"Doa ini bukan doa dari umat Buddha atau Tao saja. Kita juga akan menyampaikan berbagai doa seluruh umat manusia tanpa memandang agama dan sukunya untuk meningkatkan kemajuan Indonesia dan menjaga persatuan dan kesatuan kita," katanya

"Bagi bangsa kita, bulan ini disebut sebagai bulan hantu. Kemudian dari segi agama, pada bulan ini pintu neraka dibuka dan arwah arwah nenek moyang, keluarga dan kerabat keluar bebas. Sehingga pada kesempatan itu kita melaksanakan sembahyang ini," ujar Salim kepada Tribun Medan.

Salim yang tampak sibuk memberikan arahan melalui walkie talkie ini menjelaskan bahwa sembahyang tersebut dapat dilaksanakan di rumah maupun di vihara.

Khusus bagi seorang umat yang tidak memiliki keluarga lagu, diminta melaksanakannya di vihara agar mengisi ritual secara bersama-sama.

Selain itu, dengan datangnya mereka ke vihara, mereka dapat memahami betul aktivitas-aktivitas apa yang dilakukan pada perayaan HGF ini.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved