Pertandingkan 35 Cabor, Porkot Medan ke-XI 2019 Ditargetkan Diikuti Ribuan Atlet

Sebanyak 35 Pengurus Cabang Olahraga yang bernaung di bawah KONI kota Medan pun menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan pertandingan.

Pertandingkan 35 Cabor, Porkot Medan ke-XI 2019 Ditargetkan Diikuti Ribuan Atlet
Tribun Medan / Chandra
Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani menyalami jajaran Pengcab olahraga dan Koordinator KONI Kecamatan usai rapat persiapan Porkot Medan 2019 di aula KONI Medan, Kamis (15/8/2019) sore. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke-XI Tahun 2019 siap digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota Medan. Ajang pertandingan olahraga tingkat kota yang sudah terselenggara sejak tahun 2009 ini dijadwalkan akan kembali berlangsung tanggal 7 - 14 September dan menjadi gelaran ke-XI KONI Medan.

Sebanyak 35 Pengurus Cabang Olahraga yang bernaung di bawah KONI kota Medan pun menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan pertandingan.

Hal itu dinyatakan para Ketua dan Sekretaris serta perwakilan dari 35 pengcab olahraga yang hadir dalam rapat persiapan Porkot Medan 2019 di Aula KONI Medan, Kamis petang (15/8/2019). 

Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani mengatakan, Porkot 2019 yang akan mempertandingkan 35 cabor diperkirakan akan diikuti sebanyak 3.892 atlet. Para atlet tersebut beraala dari 21 kontingen dari semua kecamatan di Kota Medan.

"Tercatat 3.892 atlet ambil bagian dalam perhelatan ajang bergengsi ini. Jika ditambah pelatih dan ofisial, ada hampir 5.000 orang yang terlibat dalam kegiatan ini," ujarnya.

Eddy menjelaskan, Porkot Medan kali ini menjadi penting karena menjadi arena awal untuk menjaring atlet-atlet Kota Medan dalam persiapan PON tahun 2024 saat Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. 

Menurutnya, kota Medan sudah harus bersiap menghadapi PON 2024 dari sekarang, dan hal itu dimulai sejak gelaran Porkot Medan 2019 ini sebagai seleksi awal.

"Saat Sumut menjadi tuan rumah bersama PON pada 2014, hendaknya kita juga sudah siap dan sukses sebagai penyelenggara dan juga sukses prestasi. Mulai tahun ini kita menjaring atlet, dan dalam empat lima tahun ke depan kita mempersiapkannya bersama KONI Sumut," jelasnya.

Eddy menjelaskan, Porkot XI tahun ini menjadi istimewa karena pelaksanaannya digelar bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada setiap 9 September.

Rencananya akan ada banyak acara dan atraksi menarik disajikan pada hari pembukaan pada 7 September nanti untuk menghibur masyarakan yang datang langsung menyaksikannya di Stadion Teladan Medan.

"KONI Medan mengapresiasi semua pengcab dan kontingen peserta yang bertekad mensukseskan ajang multi event olahraga ini, karena sesuai harapan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin yang ingin ajang kebanggaan Kota Medan ini sukses dan meriah. Pada rapat yang berlangsung Kamis tadi, telah dipaparkan tentang kesiapan pelaksanaan pertandingan, beserta acara pembukaan dan penutupan," terangnya.

Dia pun berharap, perhelatan Porkot yang kesebelas tahun ini bisa berlangsung lebih baika dari sebelumnya. Selain itu dia juga mendorong para atlet untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk meraih prestasi.

"Sudah 10 kali secara beruntun setiap tahun digelar sejak 2009, untuk itu kita punya keharusan agar Porkot 2019 ini lebih sukses. Dan kami tidak ragu dengan komitmen pengcab dan KONI Kecamatan untuk hal ini," pungkasnya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved