Selundupkan 28 Burung Endemik dari Maluku, 9 ABK Divonis 8 Bulan Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sani Sianturi menjelaskan bahwa dari 28 burung tersebut 2 diantaranya sudah mati dan 1 lepas.

Selundupkan 28 Burung Endemik dari Maluku, 9 ABK Divonis 8 Bulan Penjara
Tribun Medan / Victory
Majelis Hakim yang diketuai Riana Pohan memvonis 9 terdakwa penyelundup 28 ekor burung dilindungi dengan pidana 8 bulan penjara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (15/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis Hakim yang diketuai Riana Pohan memvonis 9 terdakwa penyelundup 28 ekor burung dilindungi dengan pidana 8 bulan penjara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (15/8/2019).

Para terdakwa adalah Zulkifli Nasution, Dedi Mart Handra Butarbutar, Muhammad Saiful, Muhammad Siddik, Ismail, Aditya San Prayoga, Muhammad Ilham Ramadhan, Umar Efendi dan Joshua Fransciskus Hutabarat.

Kesembilannya terbukti melanggar Pasal 21 ayat (2) huruf a dan c jo pasal 40 ayat (2) UU RI No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Selain hukuman penjara para terdakwa juga didenda Rp 5 juta dengan subsider 2 bulan kurungan.

Majelis Hakim juga memerintahkan untuk seluruhnya barang bukti burung dikembalikan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKKSDA) Provinsi Sumut untuk dilepaskan ke alam liar.

"Seluruh 28 ekor dan sebagain diantaranya mati dilepaskan liar ke daerah Indonesia Bagian Timur di Pulau Burung Kepulauan Maluku," ungkap Hakim Riahna.

Hal yang memberatkan dalam amar putusan Hakim karena para terdakwa berpotensi membuat punahnya satwa langka yang dilindungi.

"Hal yang meringankan karena para terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak mengungali lagi. Dan juga para terdakwa nahkoda dan anak buah kapal telah dipecat PT Tjipta Rimba Djaja," ungkap Hakim.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sani Sianturi menjelaskan bahwa dari 28 burung tersebut 2 diantaranya sudah mati dan 1 lepas.

"Saat kami kesan yang mati itu dua dan satu terbang, kalau terakhir kita tidak tahu bagaimana," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved