Sumut Tuan Rumah Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019, Ajang Persiapan Atlet Muda Menuju PON 2024

Provinsi Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (kejurnas) tinju junior dan youth se-Indonesia.

Sumut Tuan Rumah Kejurnas Tinju Junior-Youth 2019,  Ajang Persiapan Atlet Muda Menuju PON 2024
Tribun Medan / Chandra
Panitia pelaksana berfoto bersama perwakilan kejaksaan tinggi Sumut, pengurus Pertina Sumut, serta beberapa atlet jelang pelaksanaan Kejuaraan Nasional (kejurnas) tinju junior dan youth memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut 25-31 Agustus 2019. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Provinsi Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (kejurnas) tinju junior dan youth se-Indonesia.

Kejuaraan yang juga memperebutkan Piala Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut ini akan berlangsung di GOR Disporasu, Jalan Pancing Medan, pada 25-31 Agustus 2019.

Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumut, Romein Manalu mengatakan tujuan digelarnya ajang ini menjadi salah satu langkah persiapan atlet jangka panjang menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Apalagi pada PON ke-XXI tersebut Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Selain itu juga, kata Romein, tujuannya agar atlet-atlet muda yang  masih berusia 14-18 tahun dicabor tinju Sumut bisa meraih prestasi tingkat nasional dan menjadi generasi penerus yang jauh dari narkoba dan kenakalan remaja.

Karena itu Romein berharap bibit muda Sumut bisa menjadi juara-juara nasional di masa depan.

"Mereka inilah cikal bakal untuk mewakili Sumut di PON 2024. Tujuan lainnya tentu memasyarakatkan olahraga dan membuat olahraga itu jadi kecintaan mereka. Mereka (atlet) bisa terbina secara disiplin, apalagi mereka juga diwajibkan tidak merokok, dan menjaga kondisi fisik," ujar Romein saat ditemui di Pusdiklat Pertina kota Medan, Griya Martubung, Kamis (15/8/2019).

Romein menambahkan, pihaknya menargetkan ada sebanyak 350 peserta dari 24 provinsi se Indonesia yang akan menjadi peserta di ajang ini. Sampai hari ini, sambungnya, sudah ada 18 Provinsi yang menyatakan kesediaannya untuk mengirimkan atlet.

Diantaranya Papua, Papua Barat, NTB, Jawa Barat, Aceh, Kepri, Riau, Bengkulu, DKI Jakarta, Kalimantan, dan Banten. Pendaftaran sendiri dibuka hingga tanggal 22 Agustus.

"Karena memang (kejurnas ini) sangat diminati. PB Pertina Pusat sendiri menyerahkan SK pelaksanaan kegiatan ini kepada kami di bulan Juli sehingga persiapan termasuk singkat. Tetapi kami berupaya melaksanakan seoptimal mungkin. Biasanya lebih dari itu akan hadir karena ini dipakai oleh semua provinsi di Indonesia sebagai penjaringan atlet yang jadi penerus para seniornya," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved