Greenland Milik Denmark Dilaporkan Mau Dibeli Donald Trump atas Nama Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilaporkan ingin agar AS membeli wilayah Greenland dari Denmark.

Greenland Milik Denmark Dilaporkan Mau Dibeli Donald Trump atas Nama Amerika Serikat
Twitter
Poster Donald Trump Ala Game Of Thrones 

TRIBUN-MEDAN.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilaporkan ingin agar AS membeli wilayah Greenland dari Denmark.

Hal tersebut terungkap dalam laporan The Wall Street Journal, pada Kamis (15/8/2019), yang mengutip sumber dari pihak-pihak yang dekat dengan diskusi tersebut.

Trump dikatakan juga telah berkonsultasi dengan penasihatnya terkait kemungkinan AS untuk membeli wilayah Greenland.

"Trump telah menyatakan minatnya atas wilayah Denmark yang memerintah secara mandiri dan sebagian besarnya tertutup es itu dan bertanya kepada penasihatnya apakah mungkin bagi AS untuk mendapatkan wilayah itu," tulis The Wall Street Journal.

"Presiden disebut penasaran tentang sumber daya alam dan relevansi geopolitik kawasan tersebut," lanjut laporan itu, dikutip AFP.

Greenland merupakan bagian dari Denmark yang dijalankan oleh pemerintahan yang mandiri.

Pemerintah Denmark menduduki kawasan pulau seluas 2 juta kilometer persegi itu pada abad ke-18 dan kini menjadi rumah bagi hampir 57.000 penduduk, yang sebagian besar masih lekat dengan komunitas adar Inuit.

Belum ada pernyataan resmi dari Gedung Putih maupun kedutaan besar Denmark di Washington menyangkut laporan The Wall Street Journal tersebut.

Sementara diberitakan media tersebut, para penasihat Trump mengatakan untuk memperoleh wilayah Greenland, yang berada di timur laut Kanada, mungkin akan menjadi hal baik bagi AS.

Namun beberapa penasihat lainnya mengatakan, pertanyaan oleh Trump tersebut hanya merupakan "ketertarikan sekilas" dari presiden dan bakal segera berlalu.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved