Berawal dari Ajakan Tetangga Untuk Berlatih Taekwondo, Hulman Kini Jadi Atlet Muda Berprestasi

Dari ajakan itu, rupanya atlet asal kota Medan ini pun akhirnya meminati olahraga tersebut hingga kemudian fokus untuk ikut berlatih.

Berawal dari Ajakan Tetangga Untuk Berlatih Taekwondo, Hulman Kini Jadi Atlet Muda Berprestasi
Tribun Medan / Chandra
Taekwondoin kota Medan, Hulman Aritonang (podium utama), saat meraih medali emas di ajang taekwondo tingkat pelajar se-Medan 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bagi atlet muda Hulman Aritonang, Taekwondo saat ini sudah menjadi olahraga favorit. Sejumlah prestasi mulai tingkat kota hingga provinsi pun sudah berhasil diraihnya.

Yang terbaru, pemilik sabuk merah strip hitam ini berhasil meraih dua medali emas untuk kategori poomsae (seni) pada ajang antar pelajar se-kota Medan dan kejuaraan memperebutkan piala Gubernur Sumut tahun 2019.

Kepada Tribun Medan, Hulman menuturkan, bisa mengenal seni bela diri asal negeri ginseng ini, bermula dari mengikuti ajakan tetangganya untuk berlatih Taekwondo.

Dari ajakan itu, rupanya atlet asal kota Medan ini pun akhirnya meminati olahraga tersebut hingga kemudian fokus untuk ikut berlatih.

"Awalnya kemarin itu karena di ajak tetangga ikut latihan taekwondo waktu masih kelas V SD, setelah itu jadi tertarik dan gabung di Dojang (perguruan). Baru saya saja di Taekwondo, keluarga belum ada tekuni taekwondo," ujarnya, Minggu (18/8/2019).

Kini, diusianya yang belum genap 15 tahun, Hulman bertekad untuk bisa bertanding di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Papua 2019.

Langkah siswa Kelas X SMK Buana Bahari Medan ini berlaga di Popnas pun semakin terbuka lebar setelah dirinya meraih medali emas di kejuaraan antara pelajar memperebutkan piala Gubernur Sumut 2019.

"Senang bisa dapat emas dua kali setelah masuk junior di dua kejuaraan yang berdekatan. Setelah ini berharap bisa ikut Popnas 2019 di Papua.

Impiannya setelah Popnas baru main di PON 2024," ungkap Putra kedua pasangan Fransisco Aritonang dan Donna Sinambela ini.

Untuk bisa meraih prestasi di Popnas, Hulman mengakui tidaklah mudah. Taekwondoin yang kini berlatih di Dojang Thamrin 52 ini harus mampu mengalahkan para pesaingnya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Namun, Hulman yang juga Mengidolakan Mantan atlet taekwondo nasional asal Sumut Basuki Nugroho ini mengaku tak gentar.

Demi menggapai impiannya bisa menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional, atlet kelahiran 19 Desember 2004 ini pun akan berusaha keras bisa meraih medali emas di Popnas Oktober nanti.

"Inginnya Bisa mengikuti prestasi seperti Sabeum Basuki juga, bisa raih emas di SEA Games , Asian games juga. Kalau di Popnas targetnya bisa dapat emas. Lawan berat pasti ada, dari Jawa Barat dan Jawa tengah," pungkas peraih medali Emas kategori Kyorugi (tarung) di ajang USU open tahun 2017 ini.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved