Musim Kemarau, Kapolres Karo Ingatkan Jajaran Cepat Tanggap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Ini sudah masuk musim kemarau, rekan-rekan yang punya wilayah hutan segera cepat tanggap dan bergerak sesegera mungkin jika ada hot spot.

Musim Kemarau, Kapolres Karo Ingatkan Jajaran Cepat Tanggap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu (bawa tongkat), memberikan selamat kepada pejabat lama dan baru yang baru selesai menjalani upacara Sertijab, di Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (19/8/2019). Kali itu, Benny juga menekankan kepada personelnya untuk tetap cepat tanggap dalam penanganan Karhutla. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, memberikan pesan kepada seluruh jajarannya agar mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Amanat tersebut, merupakan tindak lanjut dari rapat dan diskusi mengenai Karhutla yang digelar bersama Forkomipda Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Kabupaten Karo memilih kawasan hutan dan lahan yang cukup luas, dan tersebar di hampir seluruh kecamatan. Untuk itu, Benny menegaskan agar seluruh jajarannya selalu memberikan atensi lebih ke kawasan yang dianggap sering terjadi hot spot (titik panas).

"Ini sudah masuk musim kemarau, rekan-rekan yang punya wilayah hutan segera  cepat tanggap dan bergerak sesegera mungkin jika ada hot spot," ujar Benny, saat memberikan sambutan pada upacara Sertijab, di Halaman Apel Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (19/8/2019).

Dari beberapa informasi yang beredar, di beberapa wilayah Indonesia beberapa waktu terakhir sering terjadi Karhutla. Bahkan, di wilayah provinsi Riau asap dari peristiwa tersebut sudah sangat mengganggu aktivitas masyarakat.

Untuk itu, sebagai bentuk langkah awal Benny tak ingin kejadian serupa terjadi di wilayah kerjanya. Dirinya mengaku, pihaknya lebih mengutamakan proses pencegahan. Ia mengatakan, pencegahan ini sendiri nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan unsur Forkomipda lainnya.

"Hasil diskusi bersama Bupati dan Dandim kemarin, kita akan berencana melakukan aksi nyata ke lapangan, untuk melakukan pencegahan Karhutla," katanya.

Salah satu kawasan Kabupaten Karo yang sering terjadi Karhutla, berada di Kecamatan Merek. Titik api sering terlihat bahkan sempat terjadi kebakaran di kawasan Gunung Sipiso-piso, Paropo, dan sebagian wilayah di seputar Tongging.

Untuk itu, Benny juga memberikan pesan tersendiri bagi Kapolsek Tiga Panah yang baru yaitu AKP Ramli Simanjorang, untuk tetap siaga jika wilayah kerjanya kembali terpapar Karhutla. Namun begitu, Benny juga tetap memberikan mandat yang sama kepada personelnya yang berada di daerah lain. Karena, menurut data yang diperoleh sejak bulan Januari 2019 kemarin sudah dua kali terjadi Karhutla di dua kecamatan. Yaitu di Kecamatan Kutabuluh dan kecamatan Merek.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved