Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Sumut, Kepala BNN: Bapak akan Bertanggungjawab di Akhirat

Selain memberikan arahan kepada jajaran BNN Provinsi dan Kabupaten/Kota, Heru juga mendeklarasikan pencanangan Kelurahan/Desa Bersih Narkoba.

Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Sumut, Kepala BNN: Bapak akan Bertanggungjawab di Akhirat
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Sambutan masyarakat saat blusukan Komjen Pol Heru Winarko di Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan sebagai kawasan Bersih Narkoba (Bersinar) bersamaan dengan pendeklarasian 22 daerah lainnya di Sumatera Utara 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Heru Winarko melakukan kunjungan kerja di Jalan Klambir V, Kelurahan Lalang, Kecamatan Sunggal, Kota Medan, Senin (19/8/2019).

Selain memberikan arahan kepada jajaran BNN Provinsi dan Kabupaten/Kota, Heru juga mendeklarasikan pencanangan Kelurahan/Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Heru yang datang memberi sambutan, mengatakan penanganan narkoba adalah tanggung jawab bersama, khususnya Kepala Daerah (Lurah dan Kades) yang merupakan bapak masyarakat.

"Mayoritas pengguna narkoba itu adalah anak anak dan remaja. Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Nah, jangan kita berpikir karena kita jualan narkoba, kita bisa untung banyak. Padahal kita mengasih makan keluarga kita dari perbuatan haram," ujar Mantan Kapolda Lampung Tahun 2012 ini.

Heru menyampaikan bahwa dirinya sudah berbincang dengan beberapa kepala daerah di Sumatera Utara yang dideklarasikan sebagai Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) dan menyepakati prosedur penanggulangan narkoba. Oleh karen itu, pascapertemuan ini jangan menjadi sebagai seremonial tanpa tindak lanjutnya.

"Bapak-bapak dilantik sebagai kepala daerah, artinya bapak dilantik sebagai bapak masyarakat. Akan ditanya Yang Maha Kuasa nanti, apa yang sudah bapak bapak lakukan, melihat ternyata masih ada masyarakat menggunakan barang haram di kampungnya," cetus Heru kepada sejumlah kepala daerah yang hadir.

Pertanggungjawaban manusia, khususnya pemimpin masyarakat dikatakan Heru akan ditagih nantinya di akhirat. Oleh karena itu untuk menanggulangi permasalahan narkoba perlu adanya saling mengingatkan.

Sebagai orang nomor satu di BN, ia mengatakan semua masyarakat bisa berperan dengan melaporkan bahkan menangkap para pengedar dan pengguna narkoba tanpa kecuali. Untuk kemudian menyerahkan proses hukumnya kepada kepolisian maupun BNN setempat.

"Semua orang bisa menangkap. Masyarakat boleh menangkap. Kemudian serahkan semuanya bersama barang bukti kepada kepolisian. Kita juga mendirikan posko penanggulangan narkoba di desa-desa Bersinar Sumatera Utara," katanya.

Adapun 22 Desa/Kelurahan yang mendeklarasikan diri sebagai kawasan bersih narkoba di Medan adalah Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Kelurahan Banjar di Pematangsiantar, Desa Bagan Dalam dan Petatal di Batubara, Desa Namosialang di Langkat, Desa Simangambat di Mandailingnatal, Desa Sibangkua di Tapanuli Selatan, Desa Pegajahan di Serdangbedagai, Desa Rantau Panjang, dagang Kerawang, Bandar Labuhan, Punden Rejo dan Kutalimbaru di Deliserdang.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved