Sekda Kukuhkan 43 Anggota Paskibraka Kota Medan

Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan Tahun 2019

Sekda Kukuhkan 43 Anggota Paskibraka Kota Medan
TRIBUN MEDAN/HO
Disaksikan para orang tua siswa dan sejumlah unsur Forkopimda Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan Tahun 2019 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman, Medan, Kamis (15/8/2019). 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Disaksikan para orang tua siswa dan sejumlah unsur Forkopimda Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan Tahun 2019 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman, Medan, Kamis (15/8/2019). Paskibraka yang dilantik berjumlah 43 orang merupakan siswa terbaik perwakilan dari sejumlah sekolah di Kota Medan.

Usai pengukuhan, seluruh anggota Paskibraka selanjutnya akan menjalankan tugas mulia yakni mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (17/8/2019). Diharapkan, mereka seluruhnya dapat menjalankan tugas mulia tersebut dengan baik dan lancar.

Sekda mengatakan, sungguh suatu kebanggaan  menyaksikan generasi muda Kota Medan yang cerdas, berkarakter serta tangguh dan dapat diandalkan dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kota Medan tahun 2019. Sebab, tegasnya, tidak mudah menjadi anggota Paskibraka karena harus melewati berbagai seleksi serta pengujian yang cukup  berat.

Kemudian Sekda mengingatkan, seluruh anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan untuk senantiasa mengingat sejarah. Pasalnya, mengibarkan bendera pada masa sekarang tidak susah karena semua dalam keadaan tenang dan damai. Sedangkan pada masa lalu, ungkap Sekda, mengibarkan bendera  Merah Putih hingga puncak tiang harus mengorbankan berpuluh ribu nyawa manusia.

"Dengan mengingat sejarah, saya berharap ananda sekalian mampu memaknai posisi ananda sebagai Paskibraka, tumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara tercinta, seraya menyebarkannya kepada seluruh lingkungan sekitar ananda berada," kata Sekda.

Selanjutnya mantan Kepala Bappeda Kota Medan itu berpesan agar seluruh anggota Paskibraka nantinya juga dapat menjadi duta pembangunan di lingkungan sosial masing-masing. Di samping itu juga dapat menjadi pelopor pembangunan di tingkat lingkungan, kelurahan dan kecamatan, baik menyangkut kebersihan, tertib lalu lintas, solidaritas sosial, budaya dan pelopor lainnya.

"Saya juga sangat berharap agar ananda sekalian kiranya dapat menjadi agenda pembaharuan sosial untuk mendorong percepatan dan perluasan pembangunan kota dengan basis partisipasi," pesannya.

Di penghujung sambutan, Sekda tak lupa berpesan agar seluruh anggota Paskibraka untuk menjauhkan diri dari narkoba. "Masa depan ananda masih jauh dan panjang, maka lakukanlah hal yang positif agar kelak apa yang ananda lakukan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," pesannya. 

Sebelum pengukuhan dilakukan, satu persatu anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih. Kemudian Sekda memasangkan kendhit (ikat pinggang) secara simbolis kepada salah seorang anggota Paskibraka. Setelah itu barulah Sekda mengukuhkan 43 anggota Paskibraka  dan ditutup dengan lagu Indonesia Raya. (H) 

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved