Oktober Diperkirakan Panen Raya Cabai Merah di Sumut 

Beberapa wilayah yang menjadi sentra penghasil cabai di Sumatera Utara adalah Kabupaten Karo, Batubara, Madina, dan Dairi.

Oktober Diperkirakan Panen Raya Cabai Merah di Sumut 
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Sempat turun di harga Rp 60 ribu, cabai merah kembali lagi mengalami kenaikan harga. Dari pantauan Tribun Medan di Pasar Kenanga, Sabtu (15/6/2019) cabai merah dipasarkan di harga Rp 80 ribu per kilo. 

TRIBUN-MEDAN.com-Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara Dahler Lubis mengatakan, pada awal tahun 2019 harga cabai merah turun drastis tajam.

"Di tingkat petani harga cabai merah sangat rendah saat itu. Bahkan mencapai Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu per kilogram," ujarnya, Selasa (20/8/2019).

"Kebanyakan mereka tidak mau memanen cabai karena memang biaya panen lebih tinggi dibandingkan harga barang yang dipanen. Jadi banyak juga cabai yang dibiarkan begitu saja sampai rusak," lanjutnya.

Baca: Harga Cabai Meroket Tapi Pemprov Sumut Klaim Produksi Melimpah

Pihaknya memperkirakan panen cabai merah secara besar-besaran akan terjadi pada Oktober. 

"Musim kemarau tidak berpengaruh signifikan pada produktivitas kita. Karena bisa dilihat ini sudah mau memasuki musim hujan September nanti. Produktivitas kita hingga Juni masih sekitar 14 ton per hektare," ujarnya.

Beberapa wilayah yang menjadi sentra penghasil cabai di Sumatera Utara adalah Kabupaten Karo, Batubara, Madina, Dairi, dan beberapa daerah lainnya. (cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved