Ini Pilihan Investasi Saham yang Cocok Untuk Milenial

Hal menariknya lainnya, kata Frankie, saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat membantu dan mengakomodir para investor pemula untuk belajar.

Ini Pilihan Investasi Saham yang Cocok Untuk Milenial
tribunnews
Karyawan beraktivitas di dekat tayangan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/7/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan milenial jika mereka berani menanamkan uang untuk berinvestasi di pasar saham.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan, Frankie Wijoyo Prasetio mengatakan milenial harus berinvestasi supaya bisa makmur dan sejahtera di kemudian hari.

Tetapi hal paling awal yang perlu untuk diinvestasikan tentunya adalah diedukasi atau pengetahuan. Karena dengan investasi apapun itu bisa jadi baik kalau dibekali dengan pengetahuan yang baik juga.

"Saham adalah salah satu instrumen yang sangat cocok untuk milenial, karena berbeda dengan dulu, katakanlah 10 tahun yang lalu, dimana untuk membuka rekening saham butuh Rp 25 juta (bahkan di beberapa sekuritas butuh Rp 100 juta untuk membuka rekening efek), saat ini, untuk membuka rekening efek hanya butuh modal sebesar 100 ribu," ujar Frankie, Senin (26/8/2019)

Hal menariknya lainnya, kata Frankie, saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat membantu dan mengakomodir para investor pemula untuk belajar.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan, Frankie Wijoyo Prasetio. Diakuinya, saat ini ia menyukai emiten UNTR (United Tractor), karena pada menurutnya secara valuasi, emiten group Astra ini sudah dapat dikatakan
Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan, Frankie Wijoyo Prasetio. Diakuinya, saat ini ia menyukai emiten UNTR (United Tractor), karena pada menurutnya secara valuasi, emiten group Astra ini sudah dapat dikatakan "murah". (Tribun Medan / Natalin)

Dengan adanya kelas-kelas seperti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang biasa dilaksanakan di Kantor perwakilan BEI dan biasanya dilakukan secara gratis.

"Ada fee Rp 100 ribu tetapi diganti menjadi rekening efek sebesar 100 ribu juga. Jadi saat ini investor yang masuk ke pasar saham (pasar modal) sudah dibekali ilmu oleh BEI," ucapnya.

Diakuinya, saat ini ia menyukai emiten UNTR (United Tractor), karena pada menurutnya secara valuasi, emiten group Astra ini sudah dapat dikatakan "murah".

"Karena saat ini harga batubara sedang melemah dikarenakan ekonomi global yang melemah dan juga tensi perang dagang, hal ini menyebabkan UNTR juga ikut tertekan karena exposure terhadap bisnis batubara. Tetapi kalau kita lihat dengan lebih mendetail, komposisi penerimaan UNTR bukan hanya di sektor batubara, tetapi juga konstruksi (karena UNTR adalah emiten distributor alat berat)," ungkapnya.

Ia menjelaskan secara performa laba perusahaan, UNTR masih menunjukkan penguatan, tetapi secara tahunan, harga UNTR malah sudah turun hampir 50 persen.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved