News Video

Lihat Unik dan Kerennya Pameran Lukisan Mendadak Karya Anak Muda Medan

Pameran ini dibuat atas dasar keresahan terhadap para pelukis muda di kota Medan.

Lihat Unik dan Kerennya Pameran Lukisan Mendadak Karya Anak Muda Medan
TRIBUN MEDAN/GITA NADIA TARIGAN
Suasana pameran mendadak jilid dua KBSR Medan (Keluarga Besar Seni Rupa) di Galeri Baginda Sirait Universitas Negeri Medan, Jalan Unnamed Road, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Senin (26/8/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - "Ada yang hilang diantara sepi, mungkin Ia bukan bagian dari aku, tapi aku yakin Ia adalah apa yang aku cari," demikian sub tema yang menyentuh sekaligus mengritik jiwa seni anak muda dalam pameran mendadak jilid II yang diselenggarakan di Galeri Baginda Sirait Universitas Negeri Medan, Jalan Unnamed Road, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Senin (26/8/2019)

Terdapat 40 lukisan dengan ragam aliran terpajang apik di galeri bercat tembok putih itu, semua lukisan menggambarkan ekspesi dan suasananya masing-masing, baik itu aliran realis, surealis, ekspresif, dan lainnya.

Penanggungjawab pameran, Moses Tarigan yang juga memamerkan dua karyanya mengatakan pameran ini dibuat atas dasar keresahan terhadap para pelukis muda di kota Medan.

"Fokus awal pameran ini kitakarena kita tengok di seni rupa ini, proses berkesenian atau sekadar ngumpul-ngumpul bareng itu sudah sangat jarang, mungkin pun udah nggak ada lagi, kalau dulu kita sering ngumpul bareng, jadi latar belakang pameran ini memunculkan kembali pameran itu," katanya.

TONTON VIDEO Ini:

Meski

Ia mengatakan pameran mendadak ini tidak ada kurator, dan konsepnya berdiri sendiri tanpa ada ketua ataupun panitia, dan dipelopori oleh sekelompok pelukis muda Medan yang resah terhadap gairah dan suasana proses kebersamaan dalam berkesenian yang mulai luntur.

"Kita tergabung dalam KBSR (Keluarga Besar Seni Rupa) lukisannya random kita ambil dari beberapa karya mereka, kita nggak menuntut konsep berkaryanya harus begini, kedepannya akan buat konsep, tapi untuk sekarang untuk memantik semangat dan gairah aja dulu," kata Moses.

Meski pelukis muda, karya yang dipajang sangat indah dan mengajak pengunjung menikmati tiap goresan, masing-masing lukisan terlihat apik dengan konsep yang beragam dan menarik, warna-warna cerah dan halus ala lukisan pop surealis menambah indah suasana galeri. Tidak ada lukisan yang dominan, semua lukisan terlihat indah dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

"Bagi siapapun yang ingin bertandang dipersilahkan, kita akan berpameran mulai hari ini sampai 08 September di galeri Baginda Sirait, buka mulai pukul 11.00 sampai sore, kita menyediakan katalog online, jadi sebelum bertandang bisa di download aplikasi QR Code Reader," katanya

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved