Pelaporan yang Jujur jadi Kunci Klaim Asuransi Diterima

Peserta asuransi bisa melakukan klaim jika terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa asetnya.

Pelaporan yang Jujur jadi Kunci Klaim Asuransi Diterima
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Nasabah sedang dilayani di Kantor Cabang Medan yang berlokasi di Bank Mandiri Building Lt. 7, Jl. Imam Bonjol No.7, Selasa (27/8/2019). Kunci dari klaim yang valid dan pasti diterima adalah pelaporan klaim yang jujur dan sesuai dengan ketentuan polis yang dibeli oleh Nasabah. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Banyak orang yang memiliki rumah dan kendaraan bermotor melindungi aset yang dimiliki agar bebas risiko. Karena itu perusahaan yang menawarkan produk asuransi properti dan kendaraan bermotor untuk melindungi aset juga semakin banyak.

Peserta asuransi bisa melakukan klaim jika terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa asetnya.

Head of Claim Division Sompo Insurance, Nizar Lubis mengatakan sepanjang tahun 2018, total klaim bruto yang telah dibayarkan Sompo Insurance mencapai lebih dari Rp 457 Miliar.

"Pemilik asset dan pemegang polis harus mengerti dan memahami manfaat asuransi yang benar. Jika tidak, bukan tidak mungkin klaim yang diajukan tidak dapat di proses," ucapnya, Selasa (27/8/2019)

Menurutnya kunci dari klaim yang valid dan pasti diterima adalah pelaporan klaim yang jujur dan sesuai dengan ketentuan polis yang dibeli oleh nasabah. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk membaca dengan detail apa yang di lindungi dan membaca ketentuan yang berlaku sehingga apa yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Ia mengatakan peserta yang ingin melakukan klaim asuransi kendaraan bermotor harus menyiapkan fotokopi SIM, fotokopi STNK, fotokopi polis, termasuk surat keterangan kepolisian untuk kerugian akibat perbuatan jahat termasuk kerugian berupa kehilangan kendaraan baik sebagian maupun seluruhnya.

"Untuk klaim asuransi properti, peserta harus menyiapkan formulir klaim, surat laporan kepolisian untuk kasus kebakaran dan pencurian, surat lapor klaim ke asuransi, kronologi kejadian, rincian klaim, invoice, invoice pembelian untuk stock, stock opname, gambar kerusakan, atau dokumen lainnya," jelasnya

Ia mengatakan di proses klaim rata-rata memakan waktu maksimal 14 hari kerja. Klaim asuransi kendaraan bermotor, misalnya, maksimal 3 hari kerja untuk 1-3 panel.

"Untuk 4-8 panel akan memakan waktu 7 hari kerja, di atas 8 panel membutuhkan sekitar 14 hari kerja untuk kerusakan ringan tanpa adanya pergantian parts kendaraan. Namun perlu diperhatikan, waktu hari kerja ini akan berpengaruh apabila stok spare part habis dan harus order terlebih dahulu," katanya.

Sementara itu, untuk proses klaim asuransi properti tanpa melibatkan Loss Adjuster, perkiraan waktunya antara 1 minggu hingga maksimal 1 bulan.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved