Operasi Patuh Toba Polres Dairi Jaring Ratusan Pelanggar Lalu Lintas, Mayoritas Pengendara Motor

Mereka pasrah ketika polantas, yang saat itu sedang melakukan Operasi Patuh, memberi surat tilang.

Operasi Patuh Toba Polres Dairi Jaring Ratusan Pelanggar Lalu Lintas, Mayoritas Pengendara Motor
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Polantas menindak tiga siswi SMK yang kedapatan melanggar peraturan lalu lintas saat melakukan razia dalam rangka Operasi Patuh Toba 2019 di perempatan Jalan Nusantara, Sidikalang, Jumat (30/8/2019) sore. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Tiga pelajar putri, berinisial M, R, dan N, tampak keringatan usai dihentikan polantas di perempatan Jalan Nusantara, Kelurahan Sidikalang Kota, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jumat (30/8/2019) sore.

Mereka pasrah ketika polantas, yang saat itu sedang melakukan Operasi Patuh, memberi surat tilang.

Bagaimana tak ditilang, mereka nekat mengendarai sepeda motor bebek dengan berbonceng tiga dan tanpa mengenakan helm ber-SNI. Selain itu, pengemudi sepeda motor belum punya SIM, tak bawa STNK, dan sepeda motor tidak dilengkapi kaca spion.

Alhasil, mereka pun ditilang dengan pasal berlapis.

"Kami siswi SMK Prima, pak. Kami mau ke apotik, nya, tadi. Eh, malah begini jadinya," ujar siswi berinisial M sambil menunjukkan raut wajah cemberut.

M, R, dan N adalah segelintir dari sejumlah pengendara kendaraan bermotor yang terjaring dalam hari kedua Operasi Patuh Toba 2019 Sat Lantas Polres Dairi, Jumat (30/8/2019).

Pantauan Tribun Medan, kendaraan paling banyak ditangkap adalah sepeda motor.

"Maunya sopir-sopir angkot ini ditilang juga. Mana ada SIM-nya mereka itu. Lihat saja cara bawa angkotnya. Suka ugal-ugalan, berhenti sembarangan, merasa jalan raya punya bapaknya," celetuk seorang warga di sekitar lokasi Operasi Patuh.

Kasat Lantas Polres Dairi AKP Pittor Gultom mengatakan, pada hari pertama Operasi Patuh, mereka tidak melaksanakan razia, melainkan perburuan.

"Hari pertama, kita hunting (berburu) pelanggar lalu lintas ke arah perbatasan Kabupaten Dairi - Kabupaten Humbang Hasundutan," kata Pittor.

Hari itu, lanjut Pittor, Sat Lantas Polres Dairi melakukan razia pada empat titik di Kecamatan Sidikalang yakni Jalan Sisingamangaraja depan Mapolres Dairi, kemudian perempatan Jalan Nusantara, kawasan Simpang Salak, Jalan Pahlawan depan Taman Makam Pahlawan, serta satu titik di Kecamatan Sitinjo, yakni jalan raya depan lokasi Taman Wisata Iman Sitinjo.

Pittor menambahkan, hingga Jumat (30/8/2019) siang, tercatat mereka telah menindak 137 pelanggar, dengan rincian tilang 115 set dan teguran 22 set.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved