Peserta Membludak Ikut Ignite The Nation Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Program 1000 startup digital ini merupakan bentuk kampanye kepada anak-anak muda di seluruh NKRI agar menjadi generasi yang siap menghadapi era digit

Peserta Membludak Ikut Ignite The Nation Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Ignite The Nation Gerakan nasional 1.000 Startup Digital ini menghadirkan sejumlah panelis. Dimana tiga diantaranya, speaker nasional masing-masing, Founder Warung Pintar, Sofyan Hadiwijaya, CEO & Founder Thisable Enterprise, Angkie Yudistia dan Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita Indreswari. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Guna membangun kesadaran tentang betapa pentingnya startup ecosystem dan
dampak startup terhadap pertumbuhan ekonomi, maka diselenggarakan Ignite The Nation, yang merupakan tahapan awal Gerakan nasional 1.000 Startup Digital yang digelar di Kota Medan, Sabtu (31/8/2019).

Gerakan nasional 1.000 Startup Digital bertajuk Bagaimana membangun startup untuk mengubah masalah menjadi peluang ini diikuti 1100 peserta tidak hanya kalangan mahasiswa, namun juga masyarakat umum.

Regional Head Coordinator Medan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Imam Akbar mengatakan kegiatan Ignite The Nation yang dipromotori Kementerian Kominfo ini berjalan sukses. Kegiatan ini mendapat respon antusias yang baik sebab program yang bertujuan untuk menciptakan dan mencetak startup-startup yang berkualitas ini, diikuti lebih dari 1000 peserta.

"Target kita 1.000 peserta, udah sampai di hari ini malah yang daftar online 1100 jadi acaranya cukup sukses,"ujar
Imam.

Dijelaskannya, acara Ignite The Nation Gerakan nasional 1.000 Startup Digital ini menghadirkan sejumlah panelis yang memang sudah punya pengalaman dalam segala hal, dan berjuang dalam membangun dan mengelola startup.

"Jadi hari ini, bukan hanya seminar saja. Sebab 1.000 peserta akan dibagi 20 sampai 25 tim, sesuai dengan bidang startup yang mau dibangun. Misalnya mau bangun agriculture, dia akan digabung bersama orang-orang yang akan membangun agricultre. Kemudian, setelah acara hari ini, pada pertengahan September akan diadakan workshop dan hacksprint," katanya.

Imam mengatakan program yang akan berjalan hingga November ini, dilakukan seleksi dan peserta akan mengerucut dari 1.000 orang menjadi 200 orang. Selanjutnya, 100 orang hingga menjadi 50 peserta saja. Kemudian para peserta tersebut akan mengikuti fase inkubator.

"Jadi diinkubator itu para peserta akan dibina, dimentoring oleh fasilitator lokal mentor dan nasional mentor, bagaimana membangun startup yang benar. Bagaimana startup yang punya survive bisnisnya dan bisa menjadi unicorn-unicorn berikutnya," ujar Imam.

Ignite The Nation Gerakan nasional 1000 Startup Digital ini menghadirkan sejumlah panelis. Dimana tiga diantaranya, speaker nasional masing-masing, Founder Warung Pintar, Sofyan Hadiwijaya, CEO & Founder Thisable Enterprise, Angkie Yudistia dan Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita Indreswari. Selain itu, juga ada fanelis startup lokal seperti Erlinda, Co Founder Invita yang sukses dibidang entertaiment dan Yosephine Sembiring, yang membantu petani lewat Startup Pak Tani Digital.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Sadjan, usai membuka Ignite The Nation Gerakan nasional 1000 Startup Digital yang digelar di gedung Politekhnik Wilmar Bisnis Indonesia, mengatakan program 1000 startup digital ini merupakan bentuk kampanye kepada anak-anak muda di seluruh NKRI agar menjadi generasi yang siap menghadapi era digital.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved