Jual Roti Harga Rp 3000, Henny Hasilkan Rp 25 Juta Perbulan

Perempuan yang tak memiliki hobi memasak ini tertantang akan permintaan anaknya yang ingin dibuatkan roti

Jual Roti Harga Rp 3000, Henny Hasilkan Rp 25 Juta Perbulan
Tribun Medan/HO
Henny Indriaty berfoto bersama roti buatannya di depan rumahnya Jalan Bunga Ncole, Senin (2/9/2019). Dalam sebulan rata-rata omzet yang di hasilkannya mencapai Rp 25 juta 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Henny Indriaty memulai bisnis kue sejak November 2016. Perempuan yang tak memiliki hobi memasak ini tertantang akan permintaan anaknya yang ingin dibuatkan roti

"Tiba-tiba anak saya minta dibikinkan roti. Padahal saat itu saya masih buta sama sekali bikin roti. Seperti ditantang oleh anak. Mulailah saya belajar kursus buat kue,” kata Henny, Senin (2/8/2019).

Saat sedang jalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan, Henny mendapatkan brosur untuk kursus membuat kue dan mengikuti kursus tersebut. Saat praktek ia merasa tak kesulitan.

"Selesai kursus sampai dirumah saya ceritakan dengan suami. Ternyata suami saya juga mendukung apa yang saya lakukan. Saya akhirnya mulai menjual roti-roti buatan saya," ujarnya.

Diakui Henny ini bukan usaha satu-satunya. Ia memiliki beberapa usaha lainnya yang berjalan beriringan. Kata Henny ini merupakan kiatnya dalam membuka usaha.

"Jangan mau hanya satu bisnis saja, tapi lakonilah bisnis itu 2, 3 hingga 4 bisnis sekaligus. Jadi, kalau bisnis kita yang satu mundur alias tidak jalan kita masih punya bisnis yang lain," katanya.

Terlebih usaha rumahan, baginya penting untuk memiliki usaha sampingan lainnya. "Misalnya saya kan jualan di kantin sekolah, kalau lagi libur sekolah penjualan menurun makanya penting usaha lainnya," imbuhnya.

Dalam satu hari rata-rata ia memproduksi hingga 200 roti. Jenis roti yang ia jual beragam seperti roti manis, roti pisang keju, dan lain sebagainya. Produk-produknya diberi nama Me Roti.

Produknya dipasok ke kantin sekolah-sekolah dan kolam renang.

Ada empat titik penjualan rotinya. Selain itu ia juga fokus pada penjualan snack box makanya sekarang ia juga buat gorengan seperti pastel, kroket, dan lain sebagainya.

"Dulu sempat punya toko roti, kalau sekarang saya jalankan saja secara online di Facebook dan di jalankan ke kantin-kantin. Sekarang penjualan juga semakin meningkat dengan adanya e catalog di Pemko, kami terpilih menjadi penyedia snack box," katanya.

Produk Me Roti ini juga sudah terdaftar di Halal MUI dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Harga roti Henny tawarkan mulai harga Rp 3000. Modal awal membangun usaha ini mencapai Rp 35 juta.

"Itu sudah semua seperti alat-alat yang lengkap, renovasi ruangan, dan bahan-bahan. Sebulan rata-rata omzet bisa mencapai Rp 25 juta. Satu sampai dua tahun sudah bisa balik modallah. Karena kan dalam bisnis terus berkembang, ada saja alat-alat yang perlu dibeli," tukasnya.

(cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved