Penetapan Tarif Baru Ojol Berlaku Seluruh Indonesia, Begini Tanggapan GRAB dan GOJEK

Khusus untuk penyesuaian tarif di Medan, kami telah melakukan penyesuaian tarif di hari yang sama kami menerima Surat Edaran Dirjen Hubdar

Penetapan Tarif Baru Ojol Berlaku Seluruh Indonesia, Begini Tanggapan GRAB dan GOJEK
gojek
Gojek 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Penerapan tarif baru ojek online di seluruh Indonesia mulai diterapkan Senin, (2/9/2019). Besaran tarif diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi

Menanggapi hal ini Grab Indonesia mengatakan siap melaksanakan perluasan tarif ojek online. Hal ini disampaikan Head of Public Affairs Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Senin (2/9/2019)

"Kami menyambut baik dan siap melaksanakan perluasan tarif ojek online ke seluruh Indonesia sesuai dengan arahan yang diberikan pada pertemuan dengan Kementerian Perhubungan (26/8)," ujarnya.

Menghadapi hal ini pihaknya mengaku telah menyesuaikan aspek teknologi, seperti algoritma dan GPS, sesuai dengan skema tarif yang baru di 224 kota di seluruh Indonesia tempat Grab beroperasi.

"Selain itu kami juga akan secara rutin melakukan sosialisasi kepada mitra pengemudi kami. Survei kami terhadap mitra pengemudi menemukan bahwa kenaikan tarif berpengaruh positif terhadap pendapatan mitra pengemudi, disertai dengan jumlah orderan yang stabil," jelasnya.

Gojek mengatakan hal serupa, pihaknya mematuhi aturan pemerintah untuk memberlakukan penerapan biaya jasa ojek online sebagaimana diatur di dalam KP 348/2019. Setelah perluasan tarif ini, tarif baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia tempat Gojek beroperasi di sekitar 200 kota/ kabupaten.

Head of Regional Corporate Affairs GOJEK Wilayah Sumatera Teuku Parvinanda mengatakan untuk penerapan tarif ini, sejauh ini sudah dilakukan 4 tahap. Tahap pertama 5 kota (Mei), kemudian 41 kota (Juli), 88 kota (Agustus) dan hari ini selebihnya

"Khusus untuk penyesuaian tarif di Medan, kami telah melakukan penyesuaian tarif di hari yang sama kami menerima Surat Edaran Dirjen Hubdar perihal Penambahan Wilayah Pemberlakuan Biaya Jasa, tanggal 2 Juli lalu, di mana Medan termasuk dalam 41 kota penerapan perluasan aturan biaya jasa," katanya.

Ia mengatakan Gojek memiliki misi yang sama dengan pemerintah untuk memastikan pendapatan mitra river yang berkesinambungan yang mendukung iklim industri yang sehat.

"Sebagai karya anak bangsa, GOJEK akan terus menjadi yang terdepan dalam memastikan kenyamanan mitra dan pengguna layanan GOJEK," tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved