News Video

Membeli Oleh-Oleh Haji tak Harus ke Mekkah, Banyak Tersedia di Pasar Ikan Lama Kota Medan

Meski demikian, tak perlu khawatir. Saat ini, berbagai toko perlengkapan haji dan umroh, termasuk oleh-oleh khas sana sudah banyak tersedia.

Membeli Oleh-Oleh Haji tak Harus ke Mekkah, Banyak Tersedia di Pasar Ikan Lama Kota Medan
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID
Pembeli memburu Oleh-Oleh Haji di Pasar Ikan Lama Kota Medan, Selasa (3/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Oleh-oleh menjadi yang paling ditunggu keluarga, teman, atau tetangga saat kepulangan para jamaah haji ke tanah air. Adanya pembatasan barang bawaan, membuat jamaah tak bisa membeli banyak oleh-oleh dari Makkah, Arab Saudi.

Meski demikian, tak perlu khawatir. Saat ini, berbagai toko perlengkapan haji dan umroh, termasuk oleh-oleh khas sana sudah banyak tersedia di penjuru Indonesia.

Oleh-oleh khas haji juga bisa ditemukan di Pasar Ikan Lama, Kota Medan, dengan kualitas baik dan harga yang cukup terjangkau.

Pantauan www.tribun-medan.com meski di Kota Medan sudah memasuki kepulangan haji kloter 11, keluarga yang melaksanakan haji masih berburu oleh-oleh khas haji di Kota Medan.

"Ini belanja oleh-oleh kepulangan haji. Ada kurma, kacang, terus air zam-zam, lobe, inai, macam-macam lah. Ini yang berangkat haji bapak. Nanti untuk dibagikan ke keluarga, teman, dan tetangga," ucap Liza pembeli diantaranya toko penjual oleh-oleh khas haji H Ahmad Achyar, Selasa (3/9/2019).

Liza juga menjelaskan, beli oleh-oleh khas haji setiba di Indonesia biar orangtuanya tidak repot membawa jauh-jauh dari Makkah. Ia juga menjelaskan, Barangnya yang dijual di Makkah juga sama dengan yang di Indonesia.

Menurut pemilik toko H Ahmad Achyar menjelaskan, yang paling sering dicari pembeli yaitu kurma, ceret, air zam-zam, kismis, dan kacang arab.

"Kita jual air zam-zam, jilbab, minyak wangi, sejadah. Yang paling sering dicari kurma, ceret, air zam-zam, kismis dan kacang arab," ucap H Ahmad Achyar.

Adapun variasi harga, diantaranya kurma dari harga 50 ribu sampai 500 ribu per kilonya. Ceret dari harga 30 ribu sampai 100 ribu.

"Ini ramainya biasa sampai selesai semua pulang hajinya," ucap H Ahmad Achyar.

(cr23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved