Rabies Ancam Event Sail Nias, Dua Orang Meninggal Dunia selama 2019 karena Gigitan Hewan

Event Internasional ini akan mendatangkan seluruh perwakilan negara, yaitu duta yang beralamat di Jakarta.

Rabies Ancam Event Sail Nias, Dua Orang Meninggal Dunia selama 2019 karena Gigitan Hewan
int
FOTO ILUSTRAS RABIES. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Event Internasional Sail Nias 2019 yang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo adalah satu perhargaan bagi Provinsi Sumatera Utara.

Sebab, event Internasional ini akan mendatangkan seluruh perwakilan negara, yaitu duta yang beralamat di Jakarta.

Tetapi, Pulau Nias belum bisa dikategorikan aman dari virus rabies, sebab daerah tersebut masuk dalam wilayah hewan endemik.

Rabies adalah suatu virus mematikan yang menyebar ke manusia dari air liur hewan yang terinfeksi. Binatang yang paling mungkin menyebarkan rabies antara lain anjing, kelelawar, anjing hutan, rubah, sigung, dan rakun.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan Sumut, Mulkan Harahap mengatakan, sebelum diadanya event Internasional Sail Nias 2019, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kabupaten Nias.

Koordinasi dilakukan untuk dapat melakukan pengecekan terhadap hewan-hewan berkaki empat yang terisap virus rabies.

"Kita provinsi sejak awal sudah selalu berkoordinasi dengan kabupaten Nias ya, memang disana itu endemik ya. Artinya banyak hewan berkaki empat berpotensi terkena rabies," jelasnya.

Dirinya mengaku, di Nias banyak terdapat hewan berkaki empat, yaitu anjing. Pemerintah Sumut sudah memerintahkan kabupaten Nias untuk segera memberikan vaksinasi terhadap hewan-hewan berkaki empat. Pemberian vaksin ini dilakukan agar hewan-hewan terbebaskan dari virus mematikan itu.

Bukan hanya menjelang event, pihaknya selalu berkoordinasi dengan kabupaten kota untuk mengontrol kesehatan hewan-hewan peliharaan dan ternak milik masyarakat.

"Bukan hanya tahun ini saja, tapi tahun sebelumya sudah kita berikan penyuluhan dan vaksinasi terhadap hewan berkaki empat berpotensi terkena rabies," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved