Palsukan 125 Ribu Merek Lem Setan, Acuan Divonis Hukuman Percobaan

Dimana dalam ketentuan pidana pasal 102 ini seharusnya terdakwa dapat dikenakan penjara selama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 200 juta.

Palsukan 125 Ribu Merek Lem Setan, Acuan Divonis Hukuman Percobaan
Tribun Medan / Victory
Majelis Hakim vonis terdakwa pemalsu 125 ribu Lem Setan atau merek SI A NO KU RI DO, Nyo Seng Tjoan alias Acuan di PN Medan hanya dengan hukuman percobaan, Rabu (4/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis Hakim vonis terdakwa pemalsu 125 ribu Lem Setan atau merek SI A NO KU RI DO, Nyo Seng Tjoan alias Acuan di PN Medan hanya dengan hukuman percobaan, Rabu (4/9/2019).

Hakim yang diketuai Djaniko Girsang menghukum terdakwa dengan pidana penjara 1 tahun dengan masa percobaan selama 1 tahun karena melanggar Pasal 102 Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Grafis.

"Mengadili menyatkaan terdakwa Nyo Seng Tjoan alias Acuan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal subsider Pasal 102 Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Grafis. Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun, dengan masa percobaan selama satu tahun," ungkapnya.

Dalam pertimbangannya hal yang memberatkan terdakwa karena perbuatan terdakwa telah membuat kerugian bagi orang lain dan akan dapat membingungkan konsumen dalam memilih merek yang asli.

"Hal yang meringankan karena terdakwa mengakui perbuatannya dan menyesali serta belum pernah dipidana," ungkap hakim.

Terdakwa yang terlihat lemas ini, seusai diputus menyebutkan dirinya pikir-pikir atas putusan tersebut. Demikian halnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan juga pikir-pikir.

Seusai sidang, terdakwa yang akan diwawancarai, menyebutkan dirinya sedang sakit dan menolak memberikan statement.

"Maaf ya saya sedang sakit," cetusnya sambil berjalan.

Sedangkangkan, JPU Randi menerangkan dirinya siap untuk melakukan banding di Pengadilan Tinggi sesuai permintaan korban.

"Ya sikap kita masih pikir-pikir, tapi kalau korban minta banding, ya kita akan banding," tegasnya.

Halaman
123
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved