Pembangunan Samosir Tidak Melulu Pariwisata, Namun Juga Pembangunan Pertanian

Agar produktivitas pertanian meningkat dan menguntungkan masyarakat, Pemkab Samosir membangun 2 unit pompa besar berkapasitas 50 liter/detik.

Pembangunan Samosir Tidak Melulu Pariwisata, Namun Juga Pembangunan Pertanian
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Panorama objek wisata Aek Natonang, Samosir pada senja hari. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Membangun Samosir tidak bisa fokus pada satu sektor. Guna kesejahteraan bersama, pembangunan juga tidak boleh meninggalkan sektor lainnya.

"Mewujudkan Masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis Pembangunan Pariwisata dan Pertanian, hal inilah yang menjadi Visi dari Pemkab Samosir," ujar Rapidin di Samosir, Rabu (4/9/2019).

Pada umumnya, Samosir lebih dikenal khalayak umum adalah sektor pariwisatanya.

Namun, kata Rapidin berdasarkan wilayahnya harus juga diperhatikan potensi dominan yang bisa mendongkrak kemakmuran warga.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyalami sambil menyuapkan kue Ulang Tahun ke warganya dalam rangka Hari Jadi ke-XV Samosir di Lapangan Limbong, Kecamatan Sianjur Mula-mula Samosir, Sabtu (16/2/2019) lalu.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyalami sambil menyuapkan kue Ulang Tahun ke warganya dalam rangka Hari Jadi ke-XV Samosir di Lapangan Limbong, Kecamatan Sianjur Mula-mula Samosir, Sabtu (16/2/2019) lalu. (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA)

Seperti yang baru-baru ini dilakukan Di Kecamatan Palipi.

Agar produktivitas pertanian meningkat dan menguntungkan masyarakat, Pemkab Samosir membangun 2 unit pompa besar berkapasitas 50 liter/detik.

"Kita bangun di dua desa dulu, yaitu Desa Palipi dan desa Sigaol Simbolon,"tuturnya.

Rapidin yakin, pompa air yang mampu mengairi hamparan luas lahan 115 ha sawah dapat memperbaiki hasil pertanian yang selama ini butuh pengairan.

Melalui rehabilitasi jaringan air ini, ditargetkan petani bisa panen 2 x setahun.

"Secara bertahap Pemkab Samosir konsisten utk Pembangunan Pertanian yg berkelanjutan,"ujar Rapidin.

(Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved